21 Anggota Panwascam Se-Nagekeo Dilantik, Persiapan Pemilu Serentak 2024

Berita, Politik928 Dilihat

Laskarmedia.com,Mbay– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Nagekeo melantik 21 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Nagekeo menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang.

21 anggota Panwascam tersebut dilantik oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Nagekeo Johanes Nanga pada Jumad (28/10/2022) di Hotel Pepita Mbay.

Ketua Bawaslu Kabupaten Nagekeo Johanes Nanga dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan ke 21 anggota Panwascam berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan Peraturan
Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana
diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia
Nomor 8 Tahun 2019.

Bahwa setelah Bawaslu Kabupaten Nagekeo melakukan Rapat Pleno Penetapan Nama-
Nama Panwaslu Kecamatan Terpilih pada Hari Selasa Tanggal 25 Oktober Tahun 2022,
Pukul 20.00 WITA, maka Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Nagekeo
Hari Rabu, Tanggal 26 Oktober Tahun 2022 Secara resmi mengumumkan Nama-Nama
Panwaslu Kecamatan Terpilih sebagai berikut :

1). Kecamatan Aesesa : Margaretha Yuniari, Andi Megawati Daeng Tino, Gabriel Gale.

2).Aesesa Selatan : Yohanes Amekae, Simplisius Panit Koto, Maria Fatima Bhiju.

3). Kecamatan Wolowae : Arnoldus Mata, Katharina Astrid Liu Dae, Aloysius C. M. Ngengo.

4).Kecamatan Boawae : Fransiskus Tage Doa, Maria Fortunata Mau Elu, Mario Moses A. M. Neu.

5).Kecamatan Mauponggo : Polikarpus Noko, Severinus Koro.

6). Kecamatan Nangaroro : Kasa Yohanes Yoseph, Paulina Medi, Ariyanto Husen.

7).Kecamatan Keo Tengah : Piter Doresius Djawa, Astuty Achmat, Donatus Raynerius Alle.

Setelah dilantik dan mengucapkan sumpah menurut masing-masing agama, ke 21 anggota Panwascam diberikan peneguhan oleh tokoh agama Islam Haji Hamdan Karaeng dan RD. Eli Nong, Pr tokoh agama Katholik.

Hadir pada acara pelantikan, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do bersama kepala OPD terkait yakni Kaban Kesbangpol Yohana Kune dan Lurah Danga Yohanes Lado.

Dalam sambutannya, kepada anggota Panwascam terlantik Bupati Don menekankan untuk bekerja sesuai dengan apa yang telah diucapkan dalam sumpah berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Menyadari bahwa seorang anggota Panwascam merupakan sebuah perutusan dengan karya luhur untuk bersama masyarakat menentukan calon pemimpin 5 tahunan. Harus menyadari betul bahwa ucapan sumpah yang disaksikan oleh kedua saksi rohani, juga oleh pihak kejaksaan, TNI/Polri dan paling tinggi disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Selain ikrar sumpah, juga ada pakta integritas yang ditandatangani oleh perwakilan anggota Panwascam. Bupati Don berharap, bekerja dengan tulus dan amanah, sehingga menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat Nagekeo.

“Paling penting bagi seorang anggota panwascam untuk tidak ikut campur dalam urusan keuangan. Sumpah dan pakta integritas saat ini disaksikan oleh semua kita yang hadir, ada pihak Jaksa, TNI Polri, rekan-rekan media. Yang jelas semua kita mengharapkan kepada panwascam dalam menjalankan tugas sesuai dengan apa yang telah diucapkan dalam ikrar sumpah dengan kesaksian para tokoh rohaniawan”.ucap Bupati Don.

Turut hadir dalam acara pelantikan 21 anggota Panwascam antara lain, Kabag Ops Res Nagekeo AKP Serfolus Tegu, anggota Koramil 1625-05 Aesesa Serka Laudowijk Payong Hurek, Kaban Kesbangpol Nagekeo Yohana Kune, pejabat kejaksaan dan Ketua KPUD Nagekeo Quirinus Eleuterius.(LM/132).