Tanaman Padi Binaan BUMN  PIM Dipanen

Berita54 Dilihat

Aceh Utara,-Laskarmedia.comTanaman padu milik kelompok tani (Poktan) Rahmad asal Gampong. ulee Madon seluas 1 hektar di Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, Sabtu (15/6) dilaksanakan panenan.

Program tanam padi yang dilaksanakan oleh Poktan merupakan program binaan BUMN PIM dalam rangka menjaga ketahanan pangan nadional .

Vp TJSL dan Humas PIM, Saiful Rakjab mengatakan BUMN memiliki peran besar untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat lingkungan termasuk dibidang pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

Kegiatan panen padi perdana di hadiri Jajaran VP dan AVP PIM,Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Siti Aisyah Br Ginting, Bappeda Aceh Utara diwakili oleh Irfan, Camat Muara Batu, Munawir, Kapolsek Muara Batu, AKP Ali Akbar dan Danramil 04 Muara Batu, Lettu Jamidin.

Saiful Rakjan juga menjelaskan pelaksanaan panen perdana tersebut masuk ke dalam rangkaian program Tani Maju Makmur Sejahtera (TAJUMASE) yang digagas oleh PT PIM dengan bekerjasama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Muara Batu.

Vice President Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) & Humas PT PIM, Saiful Rakjab juga mengatakan program yang dilaksanakan ini merupakan dukungan terhadap pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Dukungan itu, kata Saiful Rakjab, berupa pemberian dukungan kepada para petani, salah satunya melakukan pembinaan terhadap petani agar produksi padi meningkat.

Ditambahkan ,pembinaan terhadap kelompok tank ini sudah mulai dilakukan idari awal dimulai dari uji tanah, komposisi penggunaan pupuk, dan pemilihan bibit padi dilakukan dengan cara PT PIM melakukan pendampingan.
Saiful berharap dengan program ini dapat meningkatkan produksi padi dengan maksimal dan bisa menjadi percontohan untuk para petani lainnya. Untuk lahan di Desa Ulee Madon diperkirakan keseluruhan lebih kurang 60 hektar. Namun untuk uji coba pihaknya hanya melakukan satu hektar.

“Kita menargetkan dalam satu hektar hasil produksi meningkat dari rata-rata yang biasanya 6,8 ton, “,ujarnya.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Siti Aisyah Br Ginting mengucapkan terimakasih kepada PT PIM dikarenakan bukan pertama kali program seperti ini difasilitasi oleh perusahaan tersebut.
“Alhamdulillah, PT PIM kembali memfasilitasi pupuk NPK untuk luas lahan satu hektar. Dimana nanti diharapkan produktivitas selama ini di Desa Ulee Madon mencapai 6,5 – 6,8 ton hasil panen bisa 8-9 ton per hekatare, karena ada juga di Kecamatan Kuta Makmur sudah difasilitasi PT PIM mencapai 9 ton per hektar.(LM-074).