Sukses Amankan Pemilu 2024 di Simalungun, Polres Gelar Apel Pelepasan Personil Brimob

Laskarmedia.com Simalungun 6 Maret 2024 – Dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu 2024, Polres Simalungun mengadakan apel pelepasan bagi personil Satgas Tindak Operasi Mantab Brata Sat Brimob Polda Sumut. Kegiatan yang dipusatkan di Mapolsek Bangun ini berlangsung pada hari Rabu, 6 Maret 2024, mulai pukul 16.00 WIB hingga selesai.

Apel yang diambil oleh Wakil Kepala Polres Simalungun, Kompol Hendrik Situmorang, M.M., ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan pengamanan Pemilu di Simalungun yang telah terlaksana dengan aman dan damai. Dengan kekuatan personil sebanyak 24 orang dari yang seharusnya 25, disebabkan Aipda Robet Rajagukguk tengah mempersiapkan diri untuk tes SIP, apel pelepasan merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras seluruh anggota Satgas.

Personil Brimob yang terlibat dalam operasi ini dibekali dengan perlengkapan keamanan lengkap, termasuk 25 rompi PHH, tameng, rotan, racun api, laras licin, serta 300 amunisi dan 1 set HT dengan charger. Semua perlengkapan ini telah diperiksa dan siap digunakan untuk memastikan seluruh tahapan Pemilu berjalan dalam kondisi aman dan terkendali.

Hasil yang dicapai dari kegiatan apel ini tidak hanya tercatat pada kelancaran acara pelepasan itu sendiri, tetapi juga pada kondisi fisik, mental, dan perlengkapan personil yang siap untuk menjalankan tugas Pengamanan (PAM). Personil Brimob yang berasal dari BKO Polres Simalungun tersebut selanjutnya akan bergerak menuju Mako Kompi 2 Yon B.

Dalam suasana penuh keakraban dan rasa hormat pada saat apel pelepasan, Wakapolres Simalungun, Kompol Hendrik Situmorang, M.M., menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam atas nama Kapolres Simalungun kepada seluruh personel Brimob yang telah dilepas. Beliau mengungkapkan, “Atas nama Kapolres Simalungun dan seluruh jajaran, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada saudara-saudara sekalian, para personel Brimob yang telah berjuang tanpa kenal lelah untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu 2024 di wilayah kita, Simalungun.”

Wakapolres menambahkan, “Dedikasi, profesionalisme, dan pengorbanan yang telah ditunjukkan oleh saudara-saudara semua merupakan bukti nyata dari komitmen dan integritas sebagai penjaga keamanan negeri. Prestasi ini bukan hanya milik saudara-saudara sekalian, tapi juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Simalungun dan bangsa Indonesia pada umumnya.”

Lebih lanjut, beliau menyatakan, “Keberhasilan menyelenggarakan Pemilu yang aman dan damai ini adalah hasil kerja keras dan koordinasi yang solid antara semua pihak. Saudara-saudara telah menunjukkan bahwa melalui sinergi dan dedikasi tinggi, kita dapat menjaga demokrasi kita tetap hidup dan berjalan dengan lancar.”

Kompol Hendrik juga mengingatkan tentang pentingnya momen pelepasan ini sebagai simbol berakhirnya tugas dengan baik, namun semangat dan dedikasi terhadap tugas harus tetap berkobar di hati. “Walaupun hari ini kita melaksanakan pelepasan, semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara harus tetap menjadi pedoman bagi kita semua,” tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Wakapolres berpesan, “Mari kita terus perkuat solidaritas dan sinergi di antara kita. Kita adalah satu keluarga besar Polri yang senantiasa siap memberikan yang terbaik bagi negara. Terima kasih sekali lagi kepada seluruh personel, semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dalam setiap langkah dan tugas selanjutnya.”

Ucapan tersebut disambut dengan tepuk tangan meriah dari hadirin, menandakan rasa penghargaan dan kebersamaan yang kuat di antara anggota Polres Simalungun dan personel Brimob yang bertugas.

Keberhasilan operasi ini menjadi bukti sinergi dan kerja sama yang baik antara personil keamanan dalam mengedepankan persatuan dan kesatuan, serta komitmen bersama untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai di wilayah Kabupaten Simalungun. Dengan situasi yang tetap terkendali hingga hari ini, Pemilu 2024 di Simalungun menjadi contoh suksesnya penyelenggaraan event demokrasi yang dilindungi dengan ketat dan profesional. (LM- 025)