Sosialisasi Dan Edukasi Benah Pesisir Desa Punaga Bersama KKN Unhas

Berita498 Dilihat

Laskarmedia.com.Takalar-Abrasi adalah gelombang air laut serta pasang surut air laut baik itu, gelombang air laut atau pasang surut air laut itu semua merusak tanah pantai garis pantai dan akan suatu peristiwa pengikisan. Sabtu, (13/1/2024)

Fenomena-fenomena alam yang menyebabkan abrasi diantaranya adalah pasang surut air laut. angin diatas lautan yang menghasilkan gelombang serta arus laut yang berkekuatan merusak bibir pantai maka terjadilah abrasi di suatu daerah pesisir pantai.

Dalam sambutannya Kepala Desa Punaga Syarifuddin Daeng Sore,SM mengatakan,”Penanggulangan kerusakan pesisir laut selain tanggul penahan abrasi maka dapat masyarakat melakukan dengan mengelola kawasan pantai melakukan pengawasan terhadap aktivitas di daerah terumbu karang buatan terutama di daerah yang telah mengalami kerusakan parah, melakukan kegiatan pengisian pantai untuk membentuk garis pantai, membuat pemecah gelombang sejajar garis pantai, secara sempurna untuk mencegah abrasi dan kegiatan nelayan dalam melakukan penangkapan ikan harus menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dengan menempatkan pada lokasi yang tepat dan pengoperasian yang benar. Tidak hanya penanggulangan yang harus kita lakukan tetapi pemulihan kerusakan pesisir laut juga sangat penting kita lakukan, pemulihan kerusakan pesisir laut dapat dilakukan dengan penghentian sumber pencemaran dan pembersihan unsur pencemaran di laut,”tuturnya.(LM 095) TS