oleh

Sedih dengan SDN “Kandang Kambing,” Mahasiswa Padang Sidempuan Galang Dana


Laskarmedia.com, Medan–Merasa prihatin dan sedih dengan adanya unit Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Padang Sidempuan yang katanya mirip kandang kambing, perkumpulan aktivis termasuk mahasiswa menggelar aksi penggalangan dana guna membantu renovasi bangunan SD Negeri 200218 itu.

Aksi galang dana ini telah berlangsung sejak Kamis (7/10/2021) dan berlanjut Jumat (8/10/2021) petang. Ini menimbulkan kesan bahwa di Kota Padang Sidempuan, pihak pemerintahnya tidak menjadikan pendidikan sebagai skala prioritas tetapi mengedepankan kendaraan dinas yang serba mewah.

Koordinator aksi penggalangan dana, Z Ansori Smj saat menyampaikan orasi di tengah berlangsungnya aksi penggalangan dana di bundaran depan Bank Sumut Syariah Cabang Padang Sidempuan, Jumat (8/10/2021) petang, mengatakan, kondisi SD Negeri 200218 menuntut pemerintah kota Padang Sidempuan untuk membuka mata lebar-lebar melihat kondisi nyata sektor pendidikan yang terburuk di era ini.

“Warga Kota Padang Sidempuan sangat kecewa dengan kondisi masih adanya unit SD yang bangunan lokal belajarnya tidak beratap. Kandang kambing saja pakai atap tetapi bangunan lokal belajar SD justru beratapkan langit,” kata aktivis yang berorasi secara bergantian bersama teman-temannya yang terdiri dari Karim Pohan, Wirman Nasution, Zulfahri Siregar, Syarif Mulyadi, Roy Ansori dan Yoan Nasution itu.

Dikabarkan, lokasi unit SD Negeri 200218 yang mirip kandang kambing, bahkan mirip kandang kerbau itu, tidak sampai satu kilometer dari kantor kepala deerah (KDH) yang terlihat sudah masuk kategori megah di Jalan Jenderal Sudirman eks Jalan Merdeka, Kota Padang Sidempuan.

“Seharusnya sektor pendidikan itu diprioritaskan agar anak bangsa dan generasi calon pemimpin negeri bisa belajar dengan nyaman seperti murid di SD Negeri lainnya di Kota Padang Sidempuan,” papar Z Ansori Smj.

Sejak berita ini viral di media sosial, kondisi SD Negeri 200218 tersebut praktis menjadi pembicaraan masyarakat termasuk di warung-warung kopi dan di tempat-tempat perkumpulan yang ada di Kota Padang Sidempuan, bahkan sampai beberapa daerah kabupaten terdekat.

Untuk diketahui, SD Negeri 200218 yang mirip kandang kambing tersebut beralamat di Jalan Melati, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Kota Padang Sidempuan. Jika berniat berkunjung ke sekolah tersebut, bisa melalui Makam Pahlawan yang tidak jauh dari rumah pejabat tinggi di Kota Padang Sidempuan itu.

Sejauh ini belum ada kabar, apakah SD Negeri 200218 yang mirip kandang kambing itu telah dikunjungi KDH Kota Padang Sidempuan hasil pemilihan umum Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Sidempuan tahun 2018 tersebut. (LM-009)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.