Ratusan Peserta Akan Ikuti Pelatihan Pemberdayaan Lembaga Adat Dalam Wilayah Bireuen

Berita57 Dilihat

Laskarmedia. com. Bireuen – Sebanyak 163 peserta Pelatihan Pemberdayaan Kelembagaan Adat dalam Wilayah Kabupaten Bireuen mengikuti pelaksanaannya yang digelar, Senin, 11 Desember 2023 di Aula Hotel Bireuen Jaya Bireuen.

Kepala Sekretariat Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Bireuen , Luqman A Gani, SE menyebut, kegiatan pemberdayaan kelembagaan Adat Kabupaten Bireuen diikuti 163 peserta dari berbagai unsur.

Dirincikan peserta berlatar belakang Pengurus MAA Kabupaten Bireuen 25 peserta, Imum Mukim se Kabupaten Bireuen, 75 peserta, MAA Kecamatan 51 peserta dan lainnya dari Keujrun Blang ,Pawang Laoet, Pawang Gle dan sosok tokoh adat di Kabupaten Bireuen.

Sementara terkait pelaksanaannya, Ketua MAA Kabupaten Bireuen, Drs. H. Ridwan Khalid bersama Wakil Katua, Ridwan Muhammad, SE., M.Si dan H Yusri Abdullah mengharapkan peserta yang ikut dalam kegiatan ini mampu mengimplementasikan hal tersebut ke tengah-tengah masyarakat sehingga dapat menyelesaikan perkara-perkara adat dapat diselesaikan dengan hukum adat di tingkat mukim dan gampong

Selain itu mampu meningkatkan kualitas dan pengurus Lembaga Adat dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Disebutkan,tujuan pelaksanaan kegiatan
meningkatkan dan bertambahnya wawasan dan pemahaman pemangku dan pengurus Lembaga Adat dalam mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai adat dan Adat Istiadat.

Sebagaimana kita ketahui terjadinya perbaikan pengelolaan manajemen dan administrasi kelembagaan adat adalah munculnya motivasi pemangku adat dan pengurus lembaga adat dalam menjelaskan adat istiadat kepada masyarakatmasyarakat, jelas Pak H Ridwan Khalid. ( LM 067)