oleh

PWI Sibolga-Tapteng Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

-Berita-378 Dilihat

Laskarmedia.com, Medan–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sibolga-Tapanuli Tengah menggelar lomba karya tulis ilmiah untuk tingkat SMA/SMK/MA/sederajat se-Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah 2021 dengan tema “Masa Depan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19”.

Ketua panitia lomba, Ridwan Tober Butarbutar STh, Jumat (24/9/2021), menjelaskan, lomba ini terbuka untuk seluruh siswa/i SMA/SMK/MA/Swasta dan Negeri se- Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Persyaratan lomba yakni: Peserta lomba adalah pelajar tingkat SMA/SMK/MA/sederajat Negeri dan Swasta, se-Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah. Peserta lomba adalah individu, bukan tim. Karya tulis ilmiah diketik Microsoft Word, dengan penggunaan tata bahasa sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD). Karya tulis minimal 4 halaman dan maksimal 30 halaman, tidak termasuk daftar pustaka dan lampiran.

Format penulisan: (ukuran kertas A4, font Time New Roman, ukuran font 12, spasi 1,5, margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, bawah 3 cm. Ukuran font judul cover depan 24. Karya tulis belum pernah dipublikasikan atau diikutkan dalam lomba sejenis, bukan karya jiplakan (plagiat). Karya tulis yang tidak sesuai ketentuan akan didiskualifikasi. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.

Sedangkan sifat dan isi karya tulis memenuhi syarat: Kesesuaian dengan tema, yakni orisinil, kritis, kreatif, inovatif dan aplikatif, logis dan sistematis, serta objektif.

“Pendaftaran peserta secara online dimulai hari Kamis 23 September 2021, sampai dengan 13 Oktober 2021. Karya tulis dikirim ke email: pwisibolgatapteng@gmail.com dalam bentuk soft file atau pdf. Untuk pengumuman pemenang, Sabtu 16 Oktober 2021 pukul 09.00WIB di PIA Hotel Pandan,” katanya.

Total hadiah yang disediakan panitia, puluhan juta rupiah mulai dari juara I- juara harapan III, ditambah piala (untuk juara I-III) dan piagam.

“Lomba karya tulis ini gratis, tidak dipungut biaya. Peserta dapat mengirimkan maksimal tiga karya tulis. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi panitia, HP/WA 08126831263 atas nama Ridwan Tober Butarbutar,” katanya.

Ketua PWI Sibolga-Tapteng, Sahat Jason Gultom menambahkan, lomba karya tulis ini bertujuan untuk memberikan waktu dan ruang bagi siswa/i SMA/SMK/MA/sederajat yang ada di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, untuk dapat menyalurkan potensi, prestasi, minat dan bakat menulisnya. Karena dalam beberapa tahun terakhir ini tidak pernah lagi digelar lomba karya tulis ilmiah di kedua daerah ini.

“Kalau tak salah, tahun 2015 terakhir dilaksanakan lomba karya tulis ilmiah dalam rangka hari jadi ke-70 Tapteng. Kebetulan saya saat itu salah satu dewan jurinya, dan untuk Kota Sibolga tahun 2016 lomba karya tulis ilmiah Karang Taruna. Melalui PWI Sibolga-Tapteng, kami kembali menggalakkan lomba karya tulis ilmiah ini untuk tingkat pelajar SMA/SMK/MA/ sederajat,” katanya.

Pemilihan tema lomba karya tulis ini, sambungnya, dikaitkan dengan situasi pandemi Covid-19, di mana pada situasi pandemi ini dunia pendidikan mengalami tantangan yang cukup berat, karena hampir dua tahun belajar secara daring.

“Melalui karya tulis ini, kami harapkan masukan dan pengalaman para peserta (siswa/i) dalam kurun waktu dua tahun belajar secara daring, dan kami juga ingin mengetahui bagaimana pandangan mereka terhadap masa depan pendidikan di tengah pandemi Covid-19 ini. Untuk itulah, kami dari PWI berharap peserta dapat menuangkan pengalaman belajar mereka baik itu secara daring maupun luring, serta tantangan dan kendala yang dihadapi,” ujarnya.

Sahat berharap, semua siswa/i SMA/SMK/MA/sederajat se-Kota Sibolga-Tapteng ikut terlibat dengan mengirimkan karya tulis terbaiknya.

“Jangan takut untuk mencoba, karena menulis itu sangat menarik. Karya tulis para pemenang nanti akan kami publikasikan di media-media partner PWI Sibolga-Tapteng beserta asal sekolahnya, dan acara penganugerahan hadiah ke para pemenang akan kami laksanakan khusus di PIA Hotel Pandan. Kami tunggu karya dari adik-adik kami,” tukasnya. (LM-009)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.