Presiden Jokowi Akan Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Memorial Park IKN

Laskarmedia.com Kalimantan Timur – Presiden Joko Widodo akan mengunjungi bangunan Memorial Park Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Rencananya, Kepala Negara akan memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Memorial Park, sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ya, rencananya demikian berkunjung ke Memorial Park,” ujar Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Danis Sumadilaga melalui pesan singkat kepada Media Indonesia

Dalam keterangan Kementerian PU-Pera dijelaskan Memorial Park dibangun sebagai bentuk penghormatan pada pahlawan pendiri bangsa yang telah memerdekakan Indonesia. Pembangunan Memorial Park akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara yang diharapkan mampu menarik perhatian masyarakat serta para tamu negara yang berkunjung ke IKN. Beranda Nusantara disiapkan sebagai lokasi upacara HUT RI ke-79 jika hujan turun.

Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono menuturkan pembangunan Memorial Park IKN ditargetkan selesai pada 16 Agustus 2024 atau satu hari sebelum perayaan upacara HUT RI ke-79 yang diselenggarakan secara hibrid di IKN dan Jakarta.

“Ini adalah event penting, harus bisa dan harus semangat,” kata Basuki dalam keterangan resmi.

Memorial Park IKN dibangun oleh kerja sama operasional (KSO) Nindya Karya-Penta dengan biaya Rp335 miliar. Area Memorial Park memiliki luas 2.034 m2 terdiri dari area altar seluas 1.690 m2 dan akses tangga seluas 344 m2 serta dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lanskap. Area terbuka Memorial Park dapat menampung 1.000 orang.

Kementerian PU-Pera mencatat progres pekerjaan struktur Memorial Park saat ini sebesar 40%, pekerjaan patung 61%, progres pekerjaan struktur Bukit Bendera 50%, pekerjaan tiang bendera 50%, pekerjaan fisik Beranda Nusantara 65%. (LM- 025)