Polres Nagekeo menepis Isu Penculikan Anak Dan Menjadi Topik Utama Jum’ad Curhat Pekan Ini

Berita381 Dilihat

Laskarmedia.com,MBAY-Isu penculikan anak akhir – akhir ini begitu cepat beredar dan viral hampir di seluruh pelosok NTT bahkan Indonesia.Menyikapi isu yang sangat populer dan meresahkan masyarakat sepekan terakhir ini, masyarakat membutuhkan informasi resmi yang disampaikan ke publik oleh pihak berkompeten dalam hal ini pihak kepolisian. 

Alhamdulillah puji Tuhan Yang Maha Kuasa, Juma’d Curhat pekan ini mengangkat topik yang berkaitan dengan perlindungan perempuan dan anak sekaligus menepis isu penculikan anak yang informasinya sangat santer beredar di tengah masyarakat.
Kapolres Nagekeo AKBP Yudha Pranata melalui Kasat Reskrim Polres Nagekeo Iptu Rifa’i secara resmi menyampaikan bahwa informasi yang beredar ditengah masyarakat, baik verbal maupun elektronik seperti video dan lain sebagainya berkaitan dengan penculikan anak merupakan informasi hoaks. Khusus di Nagekeo, menurut Iptu Rifa’i hingga saat ini tidak ada kasus penculikan anak yang terjadi meskipun informasi penculikan sudah merebah ke tengah masyarakat.
“Melalui forum resmi Jum’ad Curhat ini, kami mau sampaikan kepada seluruh masyarakat Nagekeo bahwa hingga saat ini, Kabupaten Nagekeo aman dari penculikan anak”.papar Iptu Rifa’i pada moment Jum’ad Curhat 03 Februari 2023.
Namun sebagai upaya prefentive oleh seluruh masyarakat dari para orang tua maupun para guru pendidik, Iptu Rifa’i menghimbau untuk selalu mewaspadai dan pahami berbagai modus operandi apabila ditemui pada orang asing atau orang tak dikenal.
Pada kesempatan yang sama, Kapolres Nagekeo juga memberikan motivasi kepada para guru, siswa dan orangtua untuk tidak mudah termakan isu-isu negatif berkaitan dengan penculikan anak.
AKBP Yudha mengarahkan kepada seluruh masyarakat Nagekeo, kepada orangtua, siswa maupun guru, apabila menemukan sesuatu hal yang janggal pada oknum asing atau orang gak dikenal, secepatnya menghubungi pihak kepolisian terdekat atau langsung menghubungi Bhabinkamtibmas di setiap desa atau kelurahan .
“Jangan menakut-nakuti anak – anak dengan informasi yang belum jelas, atau hoaks. Kalau ada hal-hal yang anek dari orang asing, kalau ditemukan, secepatnya hubungi aparat kepolisian terdekat, atau para Bhabin yang bertugas di desa-desa atau kelurahan. Atau langsung hubungi nomor saya juga boleh, nomor saya jelas ada di depan jalan. Ada juga nomor kasat serse dan kasat lantas.Hindari perasaan takut yang berlebihan karena dapat merusak mental dan psikologi anak – anak yang dalam masa pertumbuhan.
Kegiatan Jum’ad Curhat 03 Februari 2023 dihadiri oleh Ketua P2TP2A Nagekeo Jane Seke, Psikolog dari Dinas Sosial Eka Putri, para guru dan para siswa – siswi dari beberapa SLTP dan SD di radius Kota Mbay.(LM/132).