Pj Walikota Langsa Buka TMMD 117 Kodim 0104Atim, Ini Manfaatnya Bagi Masyarakat

Berita68 Dilihat

Laskarmedia- Langsa – Pj Walikota Langsa secara resmi membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 0104/Aceh Timur, di Lapangan Bola Gampong Sukajadi Kebun Ireng, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Rabu (12/7).

Program TMMD ke-117 kali ini mengusung tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”, upacara diikuti personel TNI-Polri, Satpol PP, WH, Ormas FKPPI, Pramuka dan Masyarakat Sukajadi Kebun Ireng setempat.

“Dalam pelaksanaan TMMD, selain sasaran Fisik seperti perkerasan jalan, pembangunan jembatan dan gorong-gorong, selain itu rangkaian non fisik diantaranya, khitanan sunat massal anak warga, wawasan kebangsaan dan bahaya narkoba serta pertanian tingkatkan ekonomi masyarakat,” kata Walikota Langsa Ir. Said Mahdum Majid.

Menurutnya, TNI Manunggal Membangun Desa yang digelar, sangat bermanfaat, sebab, pembangunan ini akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, diantaranya di sektor pangan, perkebunan sawit maupun karet, pasalnya pembangunan jalan tersebut merupakan akses utama menuju perkebunan warga. 

“Saya berharap, masyarakat Gampong Sukajadi Kebun Ireng berkontribusi serta berpartisipasi aktif menyukseskan kegiatan TMMD ini, sebab, hasilnya nanti tiada lain adalah untuk masyarakat di Gampong itu sendiri,” sebut Walikota Langsa.

Dalam kesempatan itu, Pj Walikota Langsa memohon kepada Dandim 0104/Aceh Timur beserta seluruh jajarannya, agar juga menitik beratkan pembangunan Kota Langsa dari segi non fisik untuk seluruh masyarakat.

Diutarakannya, pembangun karakter building sangatlah penting dan merupakan pondasi dasar dalam membangun karakter anak bangsa generasi muda semakin cinta dengan NKRI, tujuannya agar tidak terbawa oleh faham-faham yang dapat menimbulkan perpecahan, ketidak harmonisan maupun kecemburuan sosial antar warga.

“Tangkal generasi muda kita agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas, bahaya narkoba dan maraknya judi online saat ini. Dia inginkan Kota Langsa menjadi salah satu rule model kota islami yang tentram dan damai, karena bersatu rakyat dengan TNI-nya serta dengan seluruh elemen bangsa yang ada di kota ini,” harap Said Mahdum Majid.

Sementara itu, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P mengatakan, pelaksanaan TMMD Ke-117 kali ini pihaknya bersama Forkopimda Kota Langsa akan menitik beratkan sasaran non fisik diantaranya penekanan stunting dan peningkatan Gizi,  sosialisasi KB kesehatan dan bahaya narkoba, lebih khusus lagi pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi muda saat ini, ujarnya..

Selain daripada itu, Dandim menjelaskan sasaran fisik TMMD kali ini diantaranya, akan dibangun jembatan 5 meter x 5 meter, penimbunan jalan 1.245 meter x 4 meter, dan jalan 600 meter x 5 meter, kemudian pelat beton 5 meter x 1.2 meter, pembangunan 5 unit gorong-gorong, pembangunan MCK dan lapangan volly, jelasnya.

Hadir acara pembukaan, diantaranya Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, SH, Dansatgas TMMD ke-117 Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P, Kapolres Langsa, Kajari Langsa, unsur Forkopimda dan undangan yang hadir.(LM -074).