Pengurus SMSI Banyuasin Masa Bhakti 2024-2027 Resmi Dilantik

Daerah278 Dilihat

Laskarmedia.com, Banyuasin – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Sumatera Selatan resmi melantik Pengurus SMSI Kabupaten Banyuasin masa bhakti 2024-2027.

Pelantikan yang digelar di Auditoriun Pemkab Banyuasin, Kamis (11/7/2024) disaksikan langsung oleh Pj Bupati Banyuasin H Hani Sopyar Rustam SH, Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim , Perwakilan Polres Muba, Kejari Banyuasin, Pengadilan Negeri Pangkalan Balai, SKPD, Camat, Plt Sekjen SMSI Sumsel, Ketua PWI, IWO, SWI, AWDI, IWOI, Ketua SMSI OI, Ketua SMSI OKU, Ketua SMSI Prabumulih, Ketua SMSI Pali, Banyuasin Center, Pertamina, Medco E&P Indonesia, Ketua Resimen Apo Ujiku.

Dalam sambutannya, Sumantri Adie mengucapkan terimakasih atas support dari pemerintah Kabupaten Banyuasin hingga terlaksananya prosesi pelantikan pengurus SMSI Banyuasin.

“Saya juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan support pengurus SMSI dari beberapa kabupaten di Sumsel serta Ketua dan Pengurus organisasi media yang ada di Kabupaten Banyuasin,” ujarnya.

Mengawali sambutannya, Ketua SMSI Sumsel Jhon Heri, selain mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus SMSI Banyuasin, dirinya juga mengingatkan agar pengurus SMSI Banyuasin dapat melaksanakan tugasnya sesuai apa yang telah dimandatkan oleh organisasi.

“Hari ini kita saksikan peristiwa sakral pelantikan pengurus SMSI. Tiga tahun yang lalu, saya melantik pengurus SMSI Banyuasin dan Alhamdulillah tiga tahun koordinasi SMSI dan Pemkab Banyuasin berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dengan hampir setiap hari kegiatan Pemkab Banyuasin dirilis oleh SMSI,” jelasnya.

Dirinya berharap, kepada pengurus SMSI Banyuasin yang dilantik, kedepan dapat meningkatkan kerjasama dengan Forkopimda, membantu pemerintah dalam hal menyebarkan berita positif terkait kegiatan pembangunan pemerintah kabupaten Banyuasin khususnya.

“Saya titip SMSI di Banyuasin ini pak Pj Bupati. Tingkatkan kerjasama positif antara Pemkab Banyuasin dengan SMSI Banyuasin,” pungkasnya.

Sementara, Pj Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus SMSI Banyuasin masa Bhakti 2024-2027.

Hani Syopiar Rustam berharap, dengan hadirnya SMSI dapat merangkul media siber yang saat ini tumbuh sangat subur. “Dari data kerja sama di Diskominfo Banyuasin, tercatat tidak kurang 160 media massa yang mengajukan penawaran dan diantaranya adalah 60 media online,” jelasnya.

Perkembangan media siber yang pesat, lanjut Hani, tentunya banyak membawa manfaat ditengah masyarakat. Media siber menjadi mata dan telinga yang luar biasa cepat dan aktual menyampaikan berita ke masyarakat. Sehingga tidak hanya masyarakat yang mendapat info cepat, namun pemerintah juga dapat memanfaatkan dan merespon apa yang disampaikan oleh media tersebut, seperti adanya bencana dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, dirinya juga menyarankan agar SMSI dapat mendata perusahaan media tersebut agar terverifikasi dengan standar perusahaan pers, sehingga bernilai akuntabilitas yang tinggi. Standarisasi media dan kompetensi wartawan dapat diwujudkan menjadi suatu kebiasaan atau budaya.

Dengan pendataan, standarisasi, kompetensi wartawan, sasaran utama dari SMSI itu adalah Pers Pancasila.

“Pada kesempatan yang terhormat ini, saya sampaikan bahwa kabupaten Banyuasin juga akan melaksanakan pesta demokrasi yakni pemilihan Bupati dan wakil bupati. Seluruh media yang hadir saat ini, kiranya mampu menjadi mediator guna mewujudkan kondisi aman dan kondusif hingga selesainya pemilihan kepala daerah di Kabupaten Banyuasin,” imbuhnya.

“Panas dinginnya tergantung pada rekan-rekan media, karenanya saya berharap kepada rekan rekan semua, kiranya dapat bertindak netral dalam menjalankan fungsi kontrol sosial dengan baik dan perimbangan,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Sahabat Pers. Dinilai memiliki kedekatan profesional dengan awak media, mengayomi dan informatif pada awak media di Kabupaten Banyuasin, Forkopimda, beberapa SKPD, PT Medco E&P Indonesia, Pertamina, dan beberapa Kepala sekolah di Kabupaten Banyuasin menerima anugerah SAHABAT PERS dari SMSI Banyuasin. (SMSI Banyuasin/LM-036)