oleh

Pemilihan Petuha Peut Keude Matangglumpangdua Sukses

-Daerah-197 Dilihat
Foto : Suasana pemilihan Peutuha Tuha Peut Keude Matang. (Suherman Amin)


Laskarmedia.com , Bireuen –
Prosesi pemilihan pengurus Peutuha Peut Keude Matangglumpangdua Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan Sabtu 25 September 2021 hingga sore harinya periode 2021- 2027 di halaman Meunasah Keude Matang berjalan aman,lancar dan sukses.

Ketua panitia pelaksana pemilihan Edi Saputra menyebut, ada 16 calon yang diajukan 4 dusun dengan kriteria sesuai dengan aturan qanun nomor 6 tahun 2018 tentang Pemerintah Gampong.

Kata Edi, ke 16 calon Peutuha Peut meliputi empat unsur yaitu unsur cendekiawan dan adat , unsur pemuka agama, unsur agama dan unsur perempuan dari leempat dusun yang ada di keude Matang.

Ke 16 para calon yang memenuhi kriteria adalah dari Unsur Adat dan Cenfikiawan M Amin S.Sos, M Jamil SP, Muhammad Riyan Fazly dan dr H Yurizal M.Kes. Unsur Agama Bakhtiar Abdullah, Drs H Faizin M.Pd, Mukhtar dan Rizwan.

Sementara unsur Pemuda Aryadi, Hermansyah SE, Irhamsyah dan T.Irvan. sedangkan dari Unsur Perempuan Heranita S.Pd, Nurasma S.Pd, Nuriah S.Pd dan Nurlaila.

Prosesi pemilihan anggota lembaga Peutuha Tuha Peut di Keude Matang sangat alot dan masing-masing mempertahankan calonnya dan bahkan sebelum acara pemilihan ada yang berbisik-bisik namun tetap dalam kapasitas demokrasi.

Seusai pelaksanaan pemilihan panitia menghitung suara terbanyak untuk proses pengurus Tuha Peut yang berjumlah nasal yaitu 7 orang sesuai dengan ketentuan untuk Keude Matang .

Ke 7 Pengurus Peutuha Tuha Peut terpilih yakni dari unsur Adat dan Cendikiawan M.Amin 144 suara, Dr H Yurizal 139 suara. Unsur Agama Drs H Faizin M.Pd 223 suara, Unsur Pemuda T. Irvan 214 suara, Hermansyah SE 186 suara dan unsur Perempuan Nurasma S.Pd 183 suara dan Heranita 106 suara.

Setelah perhitungan suara dan ditandatangani berita acara semua calon Peutuha peut menerima hasil pemilihan dan perhitungan suara secara transparan dan terlaksana dengan baik.

Alhamdulillah pemilihan sukses dan hasil pemilihan akan diajukan kepada Bupati Bireuen untuk dibuat SK Peutuha Peut Keude Matangglumpangdua periode 2021 sampai 2027 sekaligus pelantikan oleh Bupati Bireuen yang direncanakan pada awal Oktober mendatang. (LM-067)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.