oleh

Pelantilkan, Deklarasi dan Silaturahmi Relawan Anies Capres 2024 Kalimantan Barat

Laskarmedia.com,- Pontianak,- Kalbar– Relawan untuk dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Capres di 2024 bergeliat di Kalimantan Barat. Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Kalimantan Barat mendeklarasikan gerakan dalam menggalang dukungan kepada sang Gubernur DKI saat ini sebagai calon presiden di Pemilu 2024 nanti.

Pada deklarasi tersebut, digelar prosesi pelantikan kepengurusan DPW dan DPD Anies di Kalimantan Barat yang mengambil tempat di Rumah Adat Melayu, Pontianak pada Jum’at (16/09). Pengukuhan pengurus langsung dikomandai oleh Presidium Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera DPP Anies, Muhammad Isnaeni yang langsung membacakan SK penetapan pengurus dari Dewan Pengurus Pusat.

Dijelaskan oleh Isnaeni selaku Presidium DPP Anies kepada kepengurusan di daerah bahwa relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam perhimpunan Anies mempunyai dua tugas utama dalam menyebarluaskan dukungan, “Kami (DPP) memberikan dua tugas utama, yang pertama memastikan jaringan terus bertumbuh dari tingkat wilayah, tingkat daerah, tingkat kecamatan bahkan pada tingkat kelurahan, dengan goal designkemudian sampai kepada tingkat TPS”, jelasnya.

“Kedua, kita meminta untuk seluruh struktur maupun kader serta relawan, untuk speak up, menyampaikan ke semua orang, baik melalui media sosial maupun secara offline sehingga popularitas dan elektabilitas Mas Anies meningkat, karena ini adalah parameter agar nantinya partai dapat ikut dalam mencalonkan Mas Anies menjadi presiden di tahun 2024”, lanjut Isnaeni.

Dalam pelaksanaan penyebarluasan popularitas dari Anies Baswedan yang dilakukan oleh para relawan dari Anies di daerah, Isnaeni menuturkan ada lima prinsip yang harus dipegang oleh relawan dalam Gerakan Anies. “Kami ada lima prinsip, yang pertama partisipatif, kedua kolaboratif, selanjutnya bersifat mandiri, kemudian heterogen dan yang terakhir santun, inilah sikap yang kami minta untuk seluruh kader relawan yang tergabung dalam gerakan Anies”, tuturnya.

Ketua Presidium DPW Anies Kalbar yang dilantik pada kegiatan deklarasi ini, Endi Supandi menyampaikan bahwa pergerakan ini merupakan silaturrahmi antar jejaring relawan pendukung Anies Baswedan di Kalimantan Barat untuk melakukan konsolidasi dalam pengembangan di DPD se Kalbar. “Kita ini berjuang membangun silaturahim antar jejaring relawan untuk yang ada di Kalimantan Barat dan kita lakukan konsolidasi di tiap daerah, ada 14 kabupaten/kota sebagai langkah kita menyebarkan informasi tentang Mas Anies melalui berbagai platform”, papar Ketua DPW Anies Kalbar.

“Target kita satu RT minimal ada satu relawan, bahkan nanti satu TPS juga minimal kami bisa menempatkan satu relawan”, ujar Endi kepada awak media seusai deklarasi DPW Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Kalbar.

Selain memfokuskan ke pergerakan secara kemasyarakatan di tiap tingkatan daerah, gerakan masyarakat Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) juga mendorong elektabilitas melalui peran perempuan yang notabene mempunyai pergaulan sosial yang luas dalam berbagai bidang. Maka terbentuklah sayap relawan Anies dalam sebuah perkumpulan Emak – Emak Anies atau disingkat perhimpunan Manies yang akan mendukung pergerakan daripada relawan Anies Baswedan.

Ketua sayap relawan Emak – Emak Anies (Manies), Emak Sri memaparkan semangat mereka dalam mendukung Anies Baswedan sebagai capres di 2024. “Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagi kami kaum emak – emak milenial, karena kami tahu bahwa Bapak Anies itu seorang yang adem, sejuk. Kalau presiden kita di masa datang mempunyai sikap adem dan sejuk, yang akan sejuk itu hati emak – emaknya, jadi kami berharap dengan militannya emak – emak, kami akan dukung Pak Anies menjadi presiden RI 2024”, ujarnya dengan semangat didampingi oleh para anggota Manies Kalbar. ( LM- 233)