Menyongsong Idul Fitri 1443 H, Polres Nagekeo Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat

Berita431 Dilihat

LaskarMedia.ComMbay Menyongsong perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Polres Nagekeo Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Turangga – 2022. Apel gelar pasukan operasi ketupat turangga – 2022 di pimpin oleh Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do Jumat, 22/04/2022 di halaman Mako Polres Nagekeo di Mbay. 

Selaku Inspektur Upacara Bupati Nagekeo menyampaikan arahan Kapolri tentang pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2022 saat menyambut hari raya Idul Fitri 1443 H.

Bupati Nagekeo juga menyampaikan bahwa Berdasarkan mapping kerawanan yang dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus di antisipasi secara tepat yakni ancaman terorisme, premanisme, aksi sweeping oleh ormas, kenaikan dan kelangkaan bahan pokok serta BBM, penyakit masyarakat, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan covid-19, serta ancaman bencana alam.

Untuk menuju keberhasilan pelaksanaan operasi “Ketupat” 2022, Bupati Nagekeo menambahkan beberapa hal yang harus dipedomani antara lain :

1.Jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan Operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2. Lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

3. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun yang mana merupakan wujud representasi negara di tengah-tengah masyarakat.

4. Gelar kekuatan Polri pada Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan serta di titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat.

5. Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata, dil untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 di area-area tersebut.

6. Mendorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi.

7. Satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga.

8. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

“Perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi dari masyarakat Indonesia untuk melaksanakan Ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga ,serta sahabat dekat. Sebagai Bupati, saya sampaikan bahwa pemerintah telah menetapkan Libur Nasional hari raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 yakni pada tanggal 02 dan 03 Mei serta menetapkan Cuti bersama pada tanggal 29 April dan tanggal 04 sampai tanggal 06 Mei 2022.”Papar Bupati Don Bosco.

Operasi Ketupat Turangga kali ini mengusung tema “Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman Dan Sehat Salam Perayaan Idul Fitri 1443 H.

Hadir dalam upacara gelar pasukan tersebut Kapolres Nagekeo, Waka Polres Nagekeo, PJU Polres Nagekeo, Pabung 1625 Ngada-Nagekeo, Ton Anggota Polres Nagekeo, Ton Anggota Koramil – 05 Aesesa, Ton Dishub Kabupaten Nagekeo, BNPB, Tokoh Agama dan Pramuka.(LM/132)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *