Karya Bhakti TNI – AD, Koramil 0204-10/SR Ajak Forkopimcam Sei Bamban Bersihkan Parit Penuh Sampah

Laskarmedia.com Sei Bamban – Koramil 0204-10/Sei Rampah menggelar Karya Bakti TNI AD Tahun 2023 di Dusun XIV Sihulambu, Desa Suka Damai, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (6/12/2023).
Kegiatan ini ikut melibatkan unsur Forkopimcam dan masyarakat setempat. Sasarannya membersihkan parit yang penuh sampah di alur sungai jembatan Dusun IV Sihulambu.

“Tujuan kegiatan ini untuk mencegah banjir karena luapan air yang tidak lancar saat hujan karena sampah maupun rumput liar, termasuk untuk antisipasi berkembangbiaknya jentik nyamuk demam berdarah,” ucap Komandan Koramil 0204-10/Sei Rampah, Kapten Inf Sucipto di sela apel pengecekan dan perlengkapan personil.

Di samping itu, kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari Komando Atas ini juga bermaksud untuk menghadirkan lingkungan yang sejuk, indah dan bersih, sehingga orang di sekitarnya akan lebih terjamin kesehatannya.

Camat Sei Bamban, Doni Simarmata, SSTP, juga berpendapat sama. Ia bahkan mendorong warga masyarakat untuk lebih peduli dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

“Di musim hujan dengan intensitas tinggi saat ini, kita semua perlu meningkatkan kewaspadaan. Karena sewaktu-waktu bencana bisa terjadi tanpa adanya peringatan terlebih dahulu,” ucapnya.

Usai apel, sebanyak 11 orang personil Koramil 0204-10/SR bersama tujuh orang anggota Polsek Firdaus, enam orang ASN Kecamatan Sei Bamban, dan 25 orang warga, langsung menggeruduk lokasi sasaran karya bakti.

Dengan alat seadanya, seperti cangkul, penggaruk rumput, tajak, dan parang, pembersihan alur sungai dikerjakan secara gotong royong hingga selesai pukul 11.00 WIB.

Tampak ikut dalam kegiatan, di antaranya Kapolsek Firdaus, AKP Idham Halik, SH, Kades Sukadamai, Karnain, dan Kades Sei Bamban, M Imran Harahap, SSos. (LM- 025)