Jaga Ketahanan Wilayah, Babinsa Koramil 0204-14/Dmr Kolaborasi Bersama Muspika

Laskarmedia.com Dolok Merawan – Menjaga lingkungan sekitar tetap aman, dan nyaman sebagai hunian bersama merupakan salah satu indikator ketahanan wilayah.

Hal ini disampaikan Babinsa Koramil 0204-14/Dolok Merawan, Kodim 0204/Deli Serdang, Pelda HM Panjaitan di sela kegiatan gotong royong Jumat Bersih bersama unsur Muspika Dolok Merawan di Dusun I, Desa Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (17/5/2024).

“Gotong royong membersihkan parit dan kiri-kanan badan jalan desa ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan asri yang tidak hanya indah dipandang mata, tetapi juga memberikan rasa nyaman bagi warga di sekitarnya,” ucap Pelda HM Panjaitan.

Tak kalah pentingnya, Pelda HM Panjaitan menilai bahwa lingkungan yang terjaga kondisinya juga menjadi faktor penentu bagi derajat kesehatan warga di sekitarnya, terutama dari bahaya penyakit maupun gangguan binatang berbisa.

Oleh karena itu, selain mengajak warga maupun unsur Muspika berkolaborasi dalam kegiatan gotong royong ini, Pelda HM Panjaitan juga mengingatkan bahwa apa yang dilakukan ini merupakan bagian dari upaya menjaga ketahanan wilayah.

“Ketahanan wilayah berkorelasi dengan keandalan lingkungan, sehingga saat lingkungan terjaga, maka potensi bencana bisa diantisipasi sedini mungkin,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Pelda HM Panjaitan juga melakukan komsos dengan warga maupun unsur Muspika yang ada. Tujuannya, selain untuk menjaga hubungan silaturahmi, juga untuk saling berbagi informasi terkait segala hal yang berhubungan dengan kondisi desa. (LM- 025)