Ir Apriasyah ST MM : Intruksi Pj Bupati Banyuasin, Maret Ini Normalisasi Sungai Gasing Dilaksanakan

Daerah76 Dilihat

Laskarmedia.com, Banyuasin- Normalisasi Sungai Gasing merupakan salah satu bukti keseriusan dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Banyuasin dikemandoi oleh H Hani Syopiar Rustam, SH sebagai Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin patut diacungi jempol dan bukan hanya janji saja. Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banyuasin normalisasi Sungai Gasing segera dilaksanakan, alat berat diturunkan.

Kabar gembira tersebut diungkapkan Pj Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam, SH melalui Plt Kepala Dinas PUPR Banyuasin Ir Apriansyah ST MM menjelaskan bahwa bulan Maret 2024 ini pengerjaan Normalisasi Sungai Gasing mulai dilaksanakan dimulai dari Perumahan Al Ghoni Kelurahan Tanah Mas Indah hingga Kelurahan Sukajadi dan Sukajadi Timur Ujung Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Kamis 8 Februari 2024.

“Normalisasi Sungai Gasing tersebut panjangnya mencapai 3 Kilometer ini intruksi langsung bapak Pj Bupati Banyuasin untuk menanggulangi banjir yang kerap melanda kawasan setempat dan tim dari PUPR Banyuasin tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai lahan dikawasan bantaran sungai, agar mendukung kegiatan tersebut,”harap Apriansyah. 

Untuk diketahui sambung Apriansyah, kegiatan normalisasi Sungai Gasing ini bukan proyek namun inisiatif bapak Pj Bupati Hani Syopiar Rustam sebagai bentuk kepedulian atas keluhan warga sekitar karena setiap tahun rumahnya kebanjiran akibat pendangkalan Sungai Gasing,”jelasnya.

Dan normalisasi Sungai Gasing ini alat berat Amphibi milik Dinas PUPR Banyuasin kita turunkan “Kami berharap kegiatan normalisasi sungai ini mendapatkan dukungan dari masyarakat, dengan harapan kawasan tersebut tidak lagi terendam banjir,”harap pria berkaca mata tersebut. 

Selain itu, kami berharap pihak Kecamatan untuk sosialisasi ke masyarakat agar mendukung normalisasi karena ada tanam tumbuh milik masyarakat yang ada di Bantaran Sungai atau DAS, ” katanya. 

“Alat berat ini nantinya melakukan normalisasi langsung dalam sungai,” ungkapnya.

“Namun untuk menempatkan sampah dan tanah hasil pengerukan tentunya akan menganggu lahan masyarakat sekitar bantaran sungai,” jelasnya.

“Kami minta pihak Kecamatan, Lurah, RT dan RW dapat mensosialisasikan kegiatan ini sehingga dapat dimengerti oleh warga sekitar,”ujar Apri.

Ini bukti nyata dan keseriusan Pemkab Banyuasin untuk mencegah banjir sehingga selalu merugikan masyarakat sekitar,” ujarnya.

“Tentunya kalau masyarakat tidak mendukung, kami tak akan membawa alat berat, sebab perlu biaya,” tukas dia. 

Alhamdullilah saya selaku warga sekitar sangat berterima kasih kepada bapak Pj Bupati Banyuasin akan menormalisasikan Sungai Gasing ini, terus terang setiap hujan deras air meluap dari sungai akibatnya rumah kami kebanjiran. Kejadian ini sudah puluhan tahun kami rasakan dan selama ini belum ada yang perduli dengan kami, Alhamdullilah pak Pj Bupati mengabulkan do’a kami selama ini,”ujar Adi salah satu warga sekitar.

Tentusaja kami sangat pendukung niat baik Pemkab Banyuasin ini, malah kami siap membantu apabila tenaga kami diperlukan, pungkas pria 48 tahun tersebut. (SMSI Banyuasin)