Dr. Reh, Nat, Ernawita, S.Si, M.Sc Dosen Universitas Almuslim Raih Gelar Doktor Di Jerman

Pendidikan, Sosok665 Dilihat

Laskarmedia.com , Bireuen – DR Reg.Nat, Ernawita, S.Si, M.Sc salah seorang dosen wanita Universitas Al Muslim Peusangan Kabupaten Bireuen meraih gelar Doktor (S3) di Friedrich Schiller University of Jena Innutritional Seinces Jerman setelah mempertahanhan disertasinya pada tanggal 14 september 2020 yang lalu.

Demikian informasi dari Drs H Faizin,M.Pd Dosen di Universitas Al Muslim yang disampaikan kepada media ini, Jumat,1 Oktober 2021 di Kafe W Cofee Jalan Medan-Aceh depan Bank Aceh Bireuen.

Menurut Drs H Faizin,M.Pd peraihan gelar Doktor (S3) di Friedrich Schiller University of Jena Innutritional Seinces Jerman bukanlah suatu hal yang mudah, namun berkat kedisiplinan dan keuletannya sebagaimana yang dituntut oleh negara Jerman yang menjadi karakter utama negara itu sehingga Ibu Ernawita, S.Si, M.Sc berhasil meraih gelar Dr. Reh, Nat, Ernawita, S.Si, M.Sc


Rektor Universitas Almuslim Dr Marwan Hamid, M.Pd mengucapkan selamat kepada Dr. Reh, Nat, Ernawita, S.Si, M.Sc yang telah meraih gelar Doktor di Jerman.

Disebutkan, Ibu Ernawati barulah satu-satunya dosen Universitas Almuslim yang memperoleh gelar Doktor ( S3 ) di Jerman padahal sudah 29 dosen Universitas Almuslim Kabupaten Bireuen yang berpendidikan S3.

Menjawab wartawan terkait perolehan doctor di Jerman sehingga bisa memperoleh izin pendidikan S3 di Jerman. Ibu Ernawati menyebutnya bahwa dirinya mengikuti seleksi ketat dan kemampuan berbahasa jerman yang ditulis pada permohonan dan wawancara.

Setelah lulus itulah dirinya meneruskan pendidikan di Jerman. Di sana ia tinggal bersama 2 orang teman di Negara bagian Thuringen yaitu di sebuah Desa terpencil Camburg yang jaraknya 20 Km di luar kota Jena.

Dengan terseyum ramah Ernawati membagi pengalaman yang diperoleh selama 4 tahun menempuh pendidikan S3 di Friedrich Schiller Univerdity of Jena In Nutritional Srinces Jerman.

Disebutkan di pengalamannya ketika berpuasa kalau bulan Juli dan Agustus bisa mencapai 20 jam, karena musim panas yang lebih lama siang dengan malam.

Dan jika musim semi kita bisa berlama lama di luar karena tidak panas. Kayu mulai tumbuh di dahan daun dan bunga mekar. Semua orang menatap pohon dan pohon dilarang tebang. Juga kita melihat transportasi di sana sangat teratur masuk terminal dan keluar menurut jadwal yang telah ditetapkan.

Saat ini kata Haji Faizin, DR Reg.Nat Ernawita, S.Si, M.Sc di Universitas Almuslim dipercayakan sebagai Kepala LPPM, dan sebelumnya Ketua Pelaksana Hibah PKKM, Pelaksana Program Hibah Deta sering gelombang 1 dan 2 tahun 2020, Sekretaris LPPM tahun 2017 – 2021 dan sekretaris P3N tahun 2010 – 2012.

Sementara Ketua Yayasan Al Muslim, Tengku Munawar Yusuf merasa sangat bersyukur dan mengucapkan selamat atas bertambahnya S3 di Universitas Al Muslem yaitu Ibu Ernawati lulusan Jerman sehingga nantinya terus Al Muslim berkualitas .

Diharapkan, agar para dosen yang telah menempuh pendidikan S3 dapat meningkatkan pengabdian ilmunya kepada Universitas Almuslim kususnya pengabdian masyarakat, penelitian dan mengajar dengan baik.

“ Kami Yayasan Almuslim sangat senang dan memberi apresiasi kepada semua dosen untuk berkiprah dengan baik demi memajukan Universitas Almuslim.” Ungkapnya sembari mengharapkan kepada dosen lain yang belum S3 agar mencari peluang untuk kuliah agar pada 2025 semua Jabatan stuktural di Universitas Almuslim sudah harus yang berpendidikan S3. (LM 067)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *