Dinas Pangan TPH Provinsi Riau Serahkan Bantuan Bibit Ke KWT BPP Kulim

Berita181 Dilihat

Laskarmedia.com, Pekanbaru –– Dinas Pangan TPH Provinsi Riau melaksanakan penyerahan bantuan bibit cabe, lengkeng dan durian kepada 15 KWT BPP Kulim di Balai Pertemuan RW 003.

Camat Sail, Pachruddin Panggabean, S.Sos, M.AP menyampaikan bahwa masyarakat Sail sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Gubernur Riau dalam rangka program penanaman sayuran di pekarangan rumah untuk meningkatkan gizi keluarga.

Fachruddin Panggabean juga berharap dengan adanya bantuan bibit tanaman sayuran berupa bibit cabe, lengkeng fan durian sebanyak lebih kurang 1000 bibit ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Kecamatan Sail. Selain itu, mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini dapat menekan lajunya inflasi yang ada di Kota Pekanbaru.

Kadis Perikanan dan Pertanian Kota Pekanbaru diwakili Kabid Holtikultura Mursidah menyampaikan mudah-mudahan dengan adanya bantuan bibit cabe, lengkeng dan durian ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Sail. Penyerahan bantuan bibit khususnya cabe ini diharapkan dapat membantu masyarakat Sail dalam penyediaan cabe yang saat ini harganya tidak menentu.

Kadis Pangan TPH Provinsi Riau diwakili Kabid Holtikultura Dedi Yasmono  S.P, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari Dinas Pangan TPH Provinsi Riau. Sudah banyak bibit tanaman yang diberikan kepada masyarakat.

Dedi Yasmono juga menambahkan bahwa kebutuhan bahan pangan tidak bisa diabaikan apalagi seperti beras dan khususnya cabe. Khususnya cabe ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi sebentar lagi masyarakat akan menghadapi natal dan tahun baru maka secara otomatis akan berdampak pada harga cabe dan juga kebutuhan pokok lainnya.

Salah satu tujuan dari kegiatan penyerahan bibit cabe ini adalah selain untuk memberdayakan masyarakat untuk penyediaan tanaman sayuran di rumah mereka juga untuk menekan inflasi yang terjadi di Provinsi Riau.

Dedi Yasmono mengharapkan agar masyarakat dapat cerdas memberdayakan pekarangan rumahnya untuk sesuatu yang bermanfaat. Salah satunya adalah pemanfaatan penanaman cabe, sayuran dan lainnya sehingga kebutuhan ini bisa dipenuhi kedepannya.

Ketua Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian Unilak Dr.Ririn Handayani, MM., mengatakan bahwa saat ini segala sesuatunya harus dibeli termasuk bahan-bahan dapur. Di kampus Unilak sudah membuat Dapur Hidup dimana semua kebutuhan bumbu masak seperti jahe, cabe, dan lainnya ditanam sendiri.

Ririn Handayani berharap dengan adanya penyerahan bantuan bibit ini dapat terpenuhi dengan menanam sendiri di pekarangan rumah masing-masing. *

(LM-103/ Adi Kampai)