oleh

Danrem 011/LW Buka Kegiatan TMMD Ke-112

-Berita, Politik-71 Dilihat
Danrem didampingi Walikota lhokseumawe, Suaidi Yahya meninjau lokasi kegiatan TMMD di Desa Cot Trieng Kecamatan Muara Satu kota Lhokseumawe.

 

Laskar Media.com, Lhokseumawe : Komandan Korem 011 /Lilawangsa, Kolonel Inf Sumirating Baskoro secara resmi membuka kegiatan Program TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 untuk tiga kabuparen kota Rabu , (15/9) yang berlangsung di Aula Sanggara Kodim 0103 Aceh Utara.

Selain Danrem Baskoro, pembukaan TMMD Ke-112 reguler secara sederhana itu turut dihadiri antara lain, Wali Kota Lhokseumawe, Suhaidi Yahya, Dansatgas TMMD Letkol Arm Oke Kistiyanto, Kapolres Lhokseumawe yang diwakili, Sekda Lhokseumawe serta Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Masyrakat serta tamu undangan yang hadiri.

Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro yang membacakan amanat Pangdam Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Achmad Marzuki menyampaikan, program TMMD ke-112 di wilayah Kodam Iskandar Muda dilaksanakan secara serentak di Tiga Kabupaten/Kota yaitu di Kota Lhokseumawe, Kota Langsa dan Subulussalam.

TNI Manunggal Membangun Desa sebagai salah satu wujud oprasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian serta pemerintahan non kementerian serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan khususnya daerah tergolong tertinggal, terisolasi atau terkecil daerah perbatasan atau pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana alam.

Kegiatan TMMD ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui kegiatan kecepatan fisik maupun nonfisik dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka menjaga alat dan kondisi juang yang tangguh.

Adapun sasaran yang dicapai program TMMD ke-112 kali ini yaitu berkembangnya kesamaan visi dan misi antara pemerintah daerah bersama para tokoh masyarakat secara terpadu dalam memberdayakan masyarakat serta lingkungannya, yaitu membantu pemerintah di daerah penanganan pencegahan pencemaran covid-19, salah satunya adalah vaksinasi, serta meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan masyarakat menuju masyarakat sejahtera dan mandiri.

Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat berbangsa dan bernegara yang tercermin dengan adanya tertib hukum dan disiplin dalam hidup bermasyarakat berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 45.

Sesuai tema TMMD ke 112 kali ini. “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”. Semoga TMMD kali ini dapat dijadikan pendorong semangat untuk dapat membantu pemerintah daerah, dalam upaya percepatan pembangunan di daerah, sehingga wilayah provinsi Aceh semangkin maju dan sejahtera.

Diakhir amanatnya, Pangdam IM berpesan, pertama pelaksanaan TMMD, satgas TMMD tinggal bersama di rumah masyarakat sehingga kedekatan TNI dengan Rakyat dapat bersatu padu dengan kearifan lokal yang bernuansa Islami dan tetap memperdomani protokol kesehatan covid-19.

Kedua, wujudkan kemanungulan dan kebersamaan serta rasa kekeluargaan antara TNI dengan Rakyat. Ketiga, jaga nama baik TNI dengan memperdomani Delapan wajib TNI sehingga dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Kelima, jaga kualitas pekerjaan secara fisik sehingga dapat digunakan masyarakat dalam jangka waktu yang lama, kata Danrem membacakan amanat pangdam IM.

Selanjutnya, selesai pembukaan TMMD ke-112, Danrem, Wali Kota, Dandim beserta rombongan meninjau ke lokasi TMMD di Desa Cot Trieng dan Desa Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Adapun kegiatan di lokasi TMMD, antara lain, peuseujuk Alat berat excavator, penyerahan alat kerja kepada satgas TMMD, pengobatan massal kepada masyarakat setempat, perobohan dan pekerjaan rumah Tidak Layak Huni (RTLH), serta peninjauan pembukaan jalan sepanjang 1656MX4M, Pemasangan 2 Unit Box Culvert, Pembangunan sarana Olahraga Lapangan Voli dan Normalisasi saluran tambak 1.000 Meter.(LM-074).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.