oleh

BI: Penurunan Permintaan Berdampak terhadap Penyesuaian Tenaga Kerja

-Berita, Ekonomi-343 Dilihat


laskarmedia.com – Medan : Kepala BI Sumut, Soekowadojo mengatakan penurunan permintaan berdampak pada penyesuaian tenaga kerja.

Berdasarkan hasil liaison sementara periode triwulan III 2021 kepada 9 perusahaan di wilayah Sumut, diperoleh informasi, secara umum permintaan domestik dan ekspor mengalami penurunan dibandingkan triwulan sebelumnya dipengaruhi oleh PPKM Darurat.

“Penurunan permintaan direspon beberapa kontak (terutama sektor PBE dan konstruksi) dengan melakukan pengurangan (PHK) tenaga kerja sebagai upaya menurunkan biaya produksi,” katanya kepada pers secara virtual tentang perkembangan ekonomi Sumut di.Medan, Selasa 24/8/2021.

Dia menyebutan pemberlakuan PPKM juga berdampak pada tenaga kerja di Sumut. Berdasarkan data Sakernas BPS, diperoleh estimasi tenaga kerja yang rentan terdampak di 4 sektor utama (PBE, Penyediaan Akomodasi Makan dan Minum, Transportasi, dan Industri Pengolahan) sebanyak 182 ribu orang.

“Tenaga kerja yang terdampak tersebut akan menjadi tanggungan program Jaring Pengaman Sosial Daerah (Bansos Provinsi),” ujar Soekowardojo.(yar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.