Upacara Penutupan Patroli Terkoordinasi Antara Satgas Yonarmed 16/TK dengan Yon 13 RAMD

Laskarmedia.com Entikong – Dankolaksopsrem 121/ ABW Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Penutupan Patroli Terkoordinasi (Patkor) antara Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK dengan Yon 13 RAMD yang dilaksanakan di Pos Kotis Gabma Entikong, Kec. Entikong, Kab. Sanggau, Prov. Kalbar. (Rabu/15 Nov 2023)

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK, Mayor Arm Andreas Prabowo Putro, S.I.Pem., M.I.P., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Entikong mengatakan, kegiatan patroli terkoordinasi TNI-TDM seri 2/2023 wilayah perbatasan darat Kalbar ini dilaksanakan selama kurang lebih 10 hari dari tanggal 05 s.d 14 Nopember 2023.

“Patroli terkoordinasi seri 2/2023 ini merupakan simbol kebersamaan dan merupakan bentuk hubungan persahabatan serta kerjasama yang baik antara TNI dengan TDM dalam menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah perbatasan darat masing-masing negara, ” ujar Dansatgas.

Dalam upacara tersebut bertindak selaku Inspektur Upacara, Dankolakopsrem 121/Abw, Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P didampingi Panglima 3 Briged TDM Brigedier Jeneral Adnan bin Hj Hashim beserta Perwira Staff Markas 3 Briged TDM, dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan Patkor ini adalah salah satu wujud kerjasama dari kedua negara tetangga yang telah disepakati sebelumnya dalam acara UCM Malindo dimana bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya permasalahan atau kesalahpahaman di perbatasan dari kedua belah pihak.

Kegiatan patroli ini diawali dengan upacara pembukaan di Pos Gabma Tebedu, Malaysia pada tanggal 5 November 2023 dan diakhiri upacara penutupan di Pos Gabma Entikong, Indonesia pada hari ini.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kegiatan Patkor ini juga menjadi salah satu bentuk komunikasi antara kedua belah pihak negara baik dari jajaran TDM yang ada di wilayah Serawak dan dari pihak TNI dibawah naungan Kodam XII/Tpr. (LM- 025)