Tokoh Budaya Nias Mengutuk Keras Pernyataan Cokdrat Sinaga Yang Menghina Suku Nias

Berita, Hukrim442 Dilihat


Laskarmedia.com, Gunungsitoli — 
A.A.GIAWA  mantan anggota DPRD Kabupaten Nias yg dikenal juga sebagai Budayawan Nias mengatakan pernyataan Condrat Sinaga merupakan pengkhianatan besar terhadap Pancasila dengan menghina Budaya Sukun Nias. Hal ini dikatakan dirumah kediamannya di jln Mawar no.6 Gunungsitoli tgl 21 Oktober 2021.

Saya tidak menerima pernyataan condrat Sinaga tersebut dan sebagai tokoh masyarakat Nias sangat  keberatan karena pernyataan itu sengaja mengadu domba suku Nias dengan suku lain. Codrat Sinaga telah menodai nilai-nilai ke Bhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menaburkan benih-benih perpecaran dan kebencian antar suku bangsa. 

Oleh karena itu saya menghimbau pemerintah terutama Penegak Hukum agar meminta pertanggung jawaban dari Condrat Sinaga agar masyarakat luas memperoleh keterangan resmi. Mengakhiri keterangannya A.A.Giawa menghimbau semua pihak agar menahan diri dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Penegak Hukum karena negara kita adalah Negara Hukum.
.
Pada kesempatan terpisah wartawan Laskar Media meminta tanggapan ketua PMG ( persatuan marga Giawa) se Indonesia Gabriel Giawa SH, juga profesi sebagai pengacara mengatakan bahwa pernyataan Condrat Sinaga adalah betul2 pernyataan keliru dan saya nyatakan bahwa itu tidak bemar.
GABRIEL Giawa,SH menghimbau seluruh marga suku bangsa menahan diri menunggu penyelesaian dari penegak hukum
Berbicara soal tari perang yg dikeritik oleh Condrat Sinaga, untuk diketahui bahwa tari perang itu adalah tari kebanggaan suku Nias, yang menunjukkan sifat kesatriaan Suku Nias.

Condrat Sinaga sengaja menghina budaya suku Nias dan segera mempertanggung jawabkan perbuatannya dihadapan hukum. Ketua PMG menyarankan agar Condrat Sinaga meminta ma’af kepada suku Nias atas pernyataan yg sangat keji dan tidak bermoral ini, melalui media baik media cetak maupun media online selamat 1 bulan berturut turut. *LM-003)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *