TNI Peduli, Babinsa 0204-16/Dolok Masihul Edukasikan Cegah Bahaya Narkoba ke Warga

Laskarmedia.com Dolok Masihul – Babinsa Koramil 0204-16/Dolok Masihul, Kodim 0204/Deli Serdang, Sertu Abdullah melaksanakan kegiatan serbuan teritorial Rabu Bersinar (Bersih Narkoba) di wilayah binaan di Desa Dolok Masihul, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (8/5/2024).

Dalam kegiatan ini, Sertu Abdullah mengumpulkan para orang tua beserta putra-putrinya di Balai Desa Dolok Masihul untuk diberikan pembekalan tentang bahaya narkoba dan cara mencegah peredaran gelapnya.

Dijelaskan Sertu Abdullah, saat ini negara Indonesia tengah melakukan perang melawan narkoba. Hal itu terjadi karena peredaran narkoba secara gelap tidak saja terjadi di perkotaan, tetapi juga sudah menyusup ke wilayah pinggiran bahkan pedesaan.

“Siapapun saat ini bisa terkena jerat narkoba. Tidak peduli tua, muda bahkan anak usia sekolah, sehingga perlu kewaspadaan ekstra agar selamat dari bahaya narkoba dan pengaruh buruknya,” ucap Sertu Abdullah.

Salah satu cara yang diyakini ampuh melawan pengaruh narkoba ini adalah dengan ilmu agama. Para orang tua diharapkan sudah sejak dini membekali anak-anaknya dengan ilmu agama. Baik secara formil (sekolah) maupun non formil (pengajian).

“Pendidikan adalah cara terbaik untuk mengempang gerak laju peredaran gelap narkoba itu. Karena dengan pendidikan, kita menjadi paham apa bahayanya narkoba dan pengaruh buruknya bagi kesehatan serta lingkungan sekitar,” terang Serda Abdullah.

Dalam kegiatan ini, Sertu Abdullah juga mewanti-wanti para orang tua untuk lebih teliti dengan makanan yang dikonsumsi anak-anak di luar rumah. Karena saat ini sudah ada makanan yang dicampur dengan bahan mengandung narkoba yang tujuannya untuk membuat ketagihan yang memakannya.

“Waspada bila melihat perubahan drastis pada diri anak-anak kita di rumah. Bisa jadi mereka tanpa sengaja sudah terkontaminasi narkoba,” pungkasnya. (LM- 025)