oleh

Tim Ekspedisi Merah Putih Lanal Melonguane Merajut Menuju Pulau Miangas

-Berita, Politik-174 Dilihat

Laskarmedia.Com –  Sulawesi Utara :  Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto S.T., M.Tr.Hanla memberangkatkan Tim “Ekspedisi Merah Putih Merajut Pulau Kecil Terluar di Beranda Utara NKRI” berlayar dari Pelabuhan Melonguane menuju pulau Miangas. Jumat (27/08/2021)

Danlanal beserta tim sea rider Second Fleer Quick Respon (SFQR) Lanal Melonguane mengantarkan pelayaran Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Karakelang II-8-30 sampai dengan perairan Tanjung Salibabu, selanjutnya KAL P. Karakelang yang membawa Tim Ekspedisi meneruskan pelayaran dengan mengibarkan bendera Merah Putih berukuran besar.

Selain membawa misi untuk meningkatkan nasionalisme dan kesadaran bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan juga sebagai bangsa maritim yang besar, Tim Ekspedisi Merah Putih Merajut Pulau Kecil Terluar di Beranda Utara NKRI juga membawa misi kemanusiaan untuk menjaga masyarakat Miangas agar terbebas atau merdeka dari ancaman Covid-19.

Untuk mendukung misi kemanusiaan tersebut Lanal Melonguane menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud untuk bekerja sama melaksanakan serbuan vaksinasi. Dengan target 500 dosis vaksin, Tim Ekspedisi Merah Putih membawa 25 tenaga kesehatan gabungan dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Melonguane, Dinkes Talaud dan Puskesmas Miangas.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komandan Lanal Melonguane menyatakan bahwa serbuan vaksinasi bagi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil terluar sangatlah penting. Letaknya yang jauh dari pusat pemerintahan dan dengan berbagai keterbatasan, apabila wabah Covid-19 melanda penanggulangannya akan lebih rumit dibanding daerah lainnya.

Terbatasnya sarana dan prasarana kesehatan, serta minimnya transportasi menjadikan upaya pencegahan adalah hal yang sangat penting dan juga harus diprioritaskan. Oleh karena itu serbuan vaksinasi adalah upaya memberikan ketahanan yang kuat untuk mencegah ancaman Covid-19.

Untuk mencapai Pulau Miangas yang merupakan titik Nol kilometer Utara Indonesia, kami Tim Ekspedisi harus berlayar di lautan menempuh jarak kurang lebih 96 NM atau sekitar 177,7 KM. Itu salah satu gambaran tantangan dari kami prajurit matra laut maupun para nakes dalam melaksanakan tugas-tugas menjaga wilayah perbatasan ini, termasuk dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan program serbuan vaksinasi

Mengakhiri pernyataannya, Danlanal Melonguane mengharapkan dukungan dan doa dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud agar kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sesuai dengan tujuan dan sasaran demi kemajuan dan pembangunan wilayah perbatasan di beranda Utara NKRI ini.

(Prayuda)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.