Sambut Hari Pers Nasional 2024, Polres Malang Bakal Gelar Sederet Acara

Laskarmedia.com – Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024, Polres Malang turut meramaikan peringatan ini melalui sejumlah kegiatan yang telah dipersiapkan dengan seksama. Technical Meeting sebagai awal dari persiapan tersebut dilaksanakan di gedung Sanika Satyawada, Mapolres Malang, pada Sabtu (27/1/2024).

Wakapolres Malang, Kompol Imam Mustolih, menyampaikan bahwa tema HPN tahun ini adalah ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa’. Dalam keterangannya, Wakapolres menegaskan betapa pentingnya peran media dalam mengantisipasi disinformasi yang dapat timbul akibat penyebaran berita hoax menjelang Pemilu 2024.

“Peringatan Hari Pers Nasional Pengawal mengusung tema transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa, ini semangat yang luar biasa,” kata Wakapolres Imam Mustolih di Polres Malang, Sabtu (27/).

Lebih lanjut, Wakapolres menambahkan bahwa dalam era digitalisasi saat ini, kejadian dapat dikabarkan secara langsung dan real-time. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk mendukung insan jurnalistik sebagai bagian integral dalam mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa.

“Harapannya perayaan tidak hanya sekedar seremonial, tapi ada nilai-nilai yang bisa kita ambil untuk mengawal transisi nasional dan kepentingan bangsa terutama di wilayah Kabupaten Malang,” tambahnya.

Sementara itu, Kasihumas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, menjelaskan bahwa rangkaian acara HPN ini diinisiasi oleh awak media Jurnalis Polres Malang. Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain lomba menulis artikel jurnalistik tentang Pemilu Damai dan lomba cerdas cermat yang melibatkan seluruh pejabat utama Polres dan Polsek jajaran.

“Kegiatan HPN yang kami laksanakan bertujuan untuk meningkatkan sinergi insan media dan kepolisian dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2024,” kata Ipda Adnan.

Dengan semangat kolaborasi antara media dan kepolisian, Polres Malang berharap bahwa kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa di tengah tantangan informasi di era digital. (LM- 025)