Puncak Peringatan HGN dan HUT PGRI Ke-78, Pj Bupati Hani Syopiar Rustam Berikan Apresiasi dan Takeline Banyuasin “Gemilang” 

Pendidikan50 Dilihat

Laskarmedia.com,Banyuasin-Berbagai rangkaian dalam memeriahkan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 dan HUT PGRI ke-78 yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Banyuasin sangat diapresiasi oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam, SH. Maka dari itu, Pj Bupati Banyuasin membuat Takeline Banyuasin “Gemilang” Layak Anak Pendidikan dan Layak Anak Sekolah di Kabupaten Banyuasin dengan rangkaian acara Apresiasi Kreatifitas Pendidikan Guru, Orang Tua dan Anak serta Puncak Acara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 berlangsung di Gedung Graha Sedulang Setudung Pemkab Banyuasin, Rabu 13 Desember 2023.

Dalam rangkaian Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ditandai dengan Pemberian Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan untuk Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Penyematan Bunda PAUD kepada Hj. Merry Hani Rustam, Duta Dongeng Banyuasin, Pengukuhan Satgas Pecegahan dan Penanganan Kekerasan Pada Satuan Pendidikan Kabupaten Banyuasin dan Tim Pecegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) Satuan Pendidikan Tahun 2023, Penyerahan Tropi Perlombaan Antar Siswa SMP Se-Kabupaten Banyuasin.

Pj. Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam mengucapkan selamat ulang tahun PGRI yang Ke-78 sekaligus selamat merayakan Hari Guru Nasional (HGN). Terima kasih atas dedikasi dan kontribusi para guru dalam mendidik generasi muda siswa siswi di Kabupaten Banyuasin. Peran guru sangat besar dan strategis maka kesejahteraan guru harus di perhatikan oleh Pemerintah.

Guru merupakan kunci untuk menjadikan anak-anak yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan kedepan, sehingga Pemerintah Kabupaten Banyuasin terus bekerja keras untuk memberikan dukungan terhadap Bapak Ibu Guru termasuk peningkatan kesejahteraan, permasalahan guru honorer terkait dengan kepastian karir dan kesejahteraannya saat ini sudah tahap demi tahap teratasi berkat program seleksi guru ASN P3K.

“Bahwa setiap orang pasti jadi murid, namun tidak semuanya menjadi Guru. Peran guru sangat besar ketika kita memberikan perlindungan kepada guru memperhatikan kesejahteraan guru maka sesungguhnya kita memikirkan masa depan bangsa untuk membangun dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Banyuasin. Telah diketahui bahwa Pemkab Banyuasin siap memberikan dukungan untuk Bapak Ibu Guru dari sisi tunjangan honorer, TPP dari 9 bulan menjadi 13 bulan sudah kita upayakan dan realisasi, dan terkait dengan P3K telah diusulkan supaya bisa mendapatkan kepastian untuk para guru honorer,” jelasnya.

Pj. Bupati Hani memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pengukuhan Bunda PAUD kepada Hj. Merry Hani Rustam yang bertugas sebagai pembinaan pendidikan usia anak dini. Keberadaan bunda PAUD menjadi penting dan menjadi panutan anak-anak juga sebagai lokomotif untuk perkembangan anak-anak

“Semoga kedepannya bisa optimal dan bergandeng tangan dengan elemen masyarakat. Jangan berhenti dengan kemajuan teknologi yakin lah tidak akan tergantikan dengan peran guru atas kemajuan dunia serta teknologi kami bangga dengan para guru-guru yang telah mencetak SDM berkualitas,” ujarnya.

Peran guru dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas sangat penting. Lingkungan pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan generasi yang kreatif dan inovatif. Peran guru dari dulu sampai sekarang tetap sangat diperlukan bukan hanya bertugas memberikan ilmu pengetahuan tetapi juga mendidik agar berakhlak mulia dan berpikir secara cerdas.

“Harapan saya Bunda PAUD untuk bergandengan tangan ke semua pihak, diantaranya pihak swasta karena tahun 2045 Banyuasin layak anak dan layak pendidikan serta layak sekolah, bila ada kekerasan terhadap siswa siswi segera direspon cepat bila ada kekerasan disekolah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin Aminuddin, S.Pd.,S.IP.,MM menyampaikan pada hari ini adalah Pemberian Apresiasi Kreatifitas Pendidikan Guru, Orang Tua dan Anak serta Puncak Acara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023. Dinas Pendidikan akan terus berupaya dengan program pendidikan dengan cara memberikan alat tulis crayon untuk anak PAUD dan TK, perlengkapan siswa buku tulis dan tas dari tingkat SD, SMP baik untuk sekolah negeri maupun swasta. Dalam waktu dekat ini tanggal 16 Desember 2023 di Banyuasin ll akan Launching Peduli Air Bersih dan Festival Sedulang Setudung.

“Tentunya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banyuasin akan terus meningkatkan kualitas guru melalui berbagai program termasuk program guru penggerak. Kami berharap dengan peningkatan kualitas guru maka pendidikan di Kabupaten Banyuasin akan semakin maju dan berkualitas,” terangnya.

Turut hadir Sekda, Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Dandim O430 diwakili, Kapolres Banyuasin diwakili, Kajari diwakili, Ketua DWP, Para Asisten Setda, Para Kepala OPD, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumsel, Kepala Balai Penjamin Mutu (BPMP) Sumsel, Plt Ketua PGRI Kabupaten Banyuasin, Ketua YLPP PGRI Banyuasin, Para Korwil dan Pengurus Cabang PGRI Banyuasin, Para Kepala Sekolah, Pengawas, dan Tenaga Pendidik Banyuasin, Anak-Anak Peserta Didik. (SMSI Banyuasin)