Program Kejari Takalar, Penerangan Hukum Dalam Rangka Jamila Jaga Desa

Berita85 Dilihat

Lasakarmedia.com.Takalar-Jaksa Milik Takalar (Jamila) Kejaksaan Negeri (Kejari) Takalar melakukan penerangan hukum di semua desa di Kecamatan Mangarabombang, Laikang dan Polongbangkeng Selatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Panyangkalang, Kamis (09/11/2023).

Hadir dalam kegiatan ini Kejari Takalar Tenriawaru, SH.,MH. Kasi Intel Kejari Inspektorat Kabupaten Takalar, Dinas Sosial Dan PMD Kabupaten Takalar, Tenaga Pendamping Profesional ( TPP) Kab. Takalar, para Kepala Desa se-Kecamatan Mangarabombang dan se-Kecamatan Pol-Sel, BPD serta Perangkat Desa.

Camat Mangarabombang, Sudirman, S.Sos.,MSi, dalam Sambutannya menyampaikan tentang Pemahaman, edukasi tentang bagaimana Penggunaan Dana Desa, ADD dan BHPR, serta Penanganan masalah di Desa.

Camat Mangarabombang juga Menghimbau kepada para Kepala Desa agar menyampaikan Tentang permasalahan yang ada di Desa karena kegiatan ini adalah moment yang tepat dalam mencari solusi.

Camat Polongbangkeng Selatan H. Edy Badang, S. Sos., M.Si dalam sambutannya memaparkan bahwa dalam proses pemerintahan dalam lingkup kerja perlu memahami 2 hal yakni :
1. Harus sesuai regulasi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,
2. Serta adanya bentuk Kebijakan

Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Takalar yang diwakili Kabid Pemdes Supriadi, SE., M. Si. Ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Panyangkalang selalu tuan rumah dalam pelaksanaan “Jamila Jaga Desa”.

Dinas Sosial dan PMD Kab. Takalar sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk Pengawasan dan Pemahaman terkait Hukum dan aturan yang berlaku.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Takalar, Tenriawaru, SH, MH mengatakan dengan adanya kegiatan penerangan hukum ini akan memberikan informasi hukum kepada Pemerintah Desa sebagai upaya pencegahan terhadap tindak pidana korupsi.

Lanjut Kejari menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan asistensi pembelanjaan Desa yang tertuang dalam Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) sudah sesuai dengan Juknis dan aturan administrasi.

Kejari Takalar menyampaikan bahwa Jamila Jaga Desa hadir di Kabupaten Takalar sebagai Solusi Penyelenggaraan pemerintahan Desa dihimbau kepada para Pemerintah Desa dalam menyusun Perencanaan Pembangunan Desa untuk tahun 2024 mengacu pada Permendes No. 7 tahun 2023 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Lanjut Kejari Takalar menyampaikan bahwa semua kegiatan yang dilaksanakan di Desa sudah sesuai mekanisme dan aturan.
Perlu pengawasan yang baik dari masyarakat terutama BPD yang ada di Desa,”tuturnya. (LM 095)