Pj Bupati Apriyadi Sampaikan Bakal Bantu Sarana Operasional PKH Tahun 2023

Daerah270 Dilihat

Laskarmedia.com – Musi Banyuasin: Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi berkesempatan hadir dalam acara Family Gathering Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan Kabupaten Musi Banyuasin, di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Jumat (16/12/2022).

Family Gathering SDM PKH ini dihadiri DPD RI Arniza Nilawati, Plt Kadinsos Muba H Ibnu Sa’ad SSos MSi, dan para pendamping PKH dalam Kabupaten Muba.

Apriyadi dalam kesempatan tersebut mengungkapkan apresiasi dan terimakasih kepada Pendamping PKH yang telah bekerja keras membantu pemerintah dalam penanganan kesejahteraan sosial, khususnya di Kabupaten Muba.

Ia berharap para Pendamping PKH tetap semangat menjalankan tugas dengan tantangan topografi dan hidrografi Kabupaten Muba.

“Walaupun medan kita berat, tapi semangat kita tetap tinggi, karena kita ini adalah pahlawan kesejahteraan sosial,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial Sumsel ini juga mengatakan pada pertengahan tahun 2023 mendatang Pemerintah Kabupaten Muba diharapkan akan mendapat data penduduk yang valid melalui Verifikasi dan Validasi data Kemiskinan, dan Regsosek oleh pihak Badan Pusat Statistik. Dengan data yang benar itu ia meyakini program-program bantuan sosial akan tepat sasaran sehingga penurunan angka kemiskinan lebih maksimal.

“Alhamdulillah kita sudah bekerja sekian lama ini, walaupun kecil tapi yakin angka kemiskinan kita mulai menurun, terakhir berdasarkan data BPS angka kemiskinan kita berada di 15,81%,” tuturnya.

Di penghujung sambutannya Pj Bupati Muba mengatakan akan memberikan bantuan operasional kepada Pendamping PKH berupa tiga unit sepeda motor pada tahun 2023 mendatang.

“Kita bantu tiga unit sepeda motor di APBD induk, insyaallah di anggaran perubahan akan kita tambah lagi,” kata Apriyadi.

Dalam kesempatan yang sama Arniza Nilawati yang saat ini duduk di Komite IV DPD RI menyampaikan bahwa pihaknya memberikan atensi khusus terhadap pemberdayaan masyarakat kurang mampu.

Dikatakan, pihaknya juga bersinergi dan turut serta mengawal dana bantuan sosial walaupun tidak terlibat langsung dengan Kementerian Sosial.

“Semoga kegiatan ini mengukuhkan semangat kita, berjuang untuk mereka (masyarakat kurang mampu) yang patut diperjuangkan,” kata Arniza.

Sementara Koordinator Kabupaten PKH Arni Liana SKM mengungkapkan, keberadaan Program Keluarga Harapan di Bumi Serasan Sekate sudah 8 (delapan) tahun, dan saat ini sudah ada sebanyak 19.000 keluarga penerima manfaat, dan Pendampingan PKH ada 65 orang yang tersebar di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Muba.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah dalam hal ini pak Pj Bupati. Kegiatan seperti ini, setidaknya untuk peningkatan kapasitas sekaligus silaturahmi,” pungkasnya. (LM-036)