Pelindo Pastikan Proses Bisnis dan Pelayanan Berjalan Lancar

Berita, Ekonomi221 Dilihat


Laskarmedia.com, Medan
-Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Holding menjamin dan memastikan seluruh proses bisnis dan pelayanan tetap berjalan lancar selama proses transisi pascamerger yang diresmikan Presiden pada 12 Oktober 2021.

Manajemen PT Pelindo diwakili oleh SVP Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Belawan M Eriansyah menyatakan hal itu dalam Dialog Nasional Optimalisasi Manfaat untuk Pengguna Jasa Kepelabuhanan setelah PT Pelindo Merger yang digelar Kadin Sumut di Hotel Radisson, Medan, Rabu sore (27/10/2021).

Dialog itu dibuka Gubernur Sumut diwakili oleh Kadis Perhubungan A Syahrizal dihadiri Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan J Silalahi, Konjen Timor Leste Irwansjah, para pelaku usaha dan kalangan pejabat dari PT Multi Terminal ( eks Pelindo1 Medan).

Seperti diketahui, pasca merger PT Pelindo maka empat PT Pelindo yakni Pelindo 1,2, 3 dan 4 telah bergabung dibawah naungan PT Pelabuhan Indonesia (PT Pelindo).

Keempat Pelindo berubah menjadi anak perusahaan yang diberi nama baru dan diberi tigas mengelola cluster bisnis

Di antaranya, PT Pelindo 1 diberi nama PT Pelindo Multi Terminal (PMT) yang diberikan tugas mengelola beberapa bidang bisnis di antaranya barang curah cair, curah kering dan lainnya.

Kemudian, Pelindo2 Jakarta yang diberi nama Pelindo Solusi Logistik mengelola bidang logistik. Selanjutnya, PT Pelindo3
Surabaya diberi nama Terminal Peti Kemas (TPK) serta PT Pelindo4 di Makassar mengelola cluster bidang marine product.

Eriansjah mengatakan meskipun masing masing diberikan tugas mengurus cluster bisnis tertentu, namun tetap bertanggungjawab mengelola dan melayani kebutuhan pengguna jasa yang membutuhkan layanan serta jasa yang selama ini sudah disediakan oleh anak usaha BUMN bidang kepelabuhanan tersebut.

Seluruh jajaran di wilayah terkait katanya diberikan beban tigas dan tanggungjawab melayani semua kebutuhan para pengguna jasa.

Bapak ibu para pengusaha tidak usah ragu, kami tetap memberikan pelayanan sebaik baiknya termasuk selama masa transisi,,” ujarnya.

Dia memaparkan, dalam program yang sudah disusun setiap kantor wilayah Pelindo yang merupakan reinkernasi dari PT Pelindo yang selama ini melayani pengguna jasa akan diberikan beban tugas melayani kebutuhan para pemilik barang dan pengguna jasa.

Menjawab pertanyaan peserta dialog, perihal urusan kerja sama maupun perizinan yang menyangkut berbagai aspek, juga dipastikan tetap dilayani di wilayah yang terkait.

Pada awal paparannya Eriansjah menyebutkan dasar pemikiran dan berbagai manfaat merger bagi semua pihak, yakni bagi perusahaan, masyarakat dan pemerintah.

Bagi pemerintah di antaranya merger akan memudahkan koordinasi, menarik investasi asing, meningkatkan pendapatan negara melalui pajak dan dividen dan lainnya.
Kemudian, bagi perusahaan akan menciptakan efisiensi bisnis karena sudah terinintegrasi, meningkatkan daya saing dan lainnya.

Sedangkan bagi masyarakat merger di antaranha akan menambah peluang lapangan kerja dan lainnya.

Ketua Kadin Sumut Khairul Mahalli yang sekaligus menjadi moderator dialog mengatakan melalui kegiatan itu para pengguna jasa semakin memahami manfaat dan dampak dari merger PT Pelindo.

Khairul berharap meskipun sudah.merger, pihak Pelindo1 sudah merger, namun harus tetap memperhatikan keberadaan lingkungan sekitar setempat termasuk dalam hal penyaluran dana CSR perseroan.(LM 010)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *