Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 di SMA Islam Baitul Hikmah Usia 12-17 Tahun.

Laskarmedia.com –  Sukabumi, Mulai dilaksanakan giat vaksinasi Covid-19 untuk siswa/i usia 12-17 tahun di SMA Islam Baitul Hikmah Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Dosisi pertama, Kamis (9/9/2021) ditujukan untuk Usia Siswa/i. SDN Pamuruyan 2, SDN Pamuruyan 10, SDN Panenjoan, MTs. Baitul Hikmah, SMA Islam Baitul Hikmah dan Untuk Ibu Hamil yang berada di libgkungan Sekitar Yayasan Baitul Hikmah.

Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis CoronaVac (kerap disebut SinoVac), yang diproduksi langsung oleh Biofarma. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 8.30–11.00 WIB, dan dilaksanakan dengan beberapa sesi untuk menghindari kerumunan. Siswa/i juga diwajibkan untuk membawa fotokopi kartu keluarga untuk memenuhi syarat registrasi.

Adapun beberapa tahapan vaksinasi:
1. Pra-registrasi (dilakukan untuk mengetahui sasaran yang akan mendapatkan vaksinasi)
2. Meja screening (dilakukan pengecekan suhu,tekanan darah, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi)
3. Meja injeksi (proses vaksinasi berlangsung)
4. Observasi (giat menginput data pasien yang selanjutnya akan mendapatkan setifikat vaksinasi).

“Vaksinasi itu pada umumnya bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh atau kekebalan kelompok (herd immunity), dan tujuan dari vaksinasi covid-19 ini agar seluruh masyarakat terhindar dari penyakit Covid -19 dan dapat beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” terang salah seorang koordinator imunisasi dari Puskesmas Cibadak

Ada pula efek samping yang disebabkan setelah melaksanakan vaksinasi Covid-19 berupa nyeri pada daerah suntikan, sakit kepala, mengantuk, dan demam ringan.

“Perasaan aku yang pasti seneng, karena udah lega gitu dari kemarin aku kepikiran dan lumayan deg-degan takut sama efek sampingnya dan sejauh ini sih belum ada, semoga aja sampai nanti aman-aman saja ya,” ungkap salah seorang siswa kelas XI SMA Islam Baitul Hikmah yang telah menerima vaksinasi Kamis (9/9/2021).

Abah Minta, SPd selaku kepala kantor yayasan Baitul Hikmah juga menambahkan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi untuk siswa-siswi usia 12-17 tahun. Menurutnya, dengan kegiatan vaksinasi hari itu dapat memberikan rasa aman yang sebelumnya hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa 17 tahun keatas yang telah menerima vaksinasi. Pungkasnya.(LM-054)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *