Olahraga: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Tujuannya

Daerah, Olahraga153 Dilihat

 

Olahraga adalah jenis kegiatan yang sangat populer di dunia termasuk Indonesia. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga menjadi sarana meraih prestasi. Mengutip KOMPAS.com Health, olahraga berbeda dengan aktivitas fisik biasa. Aktivitas fisik merujuk kepada gerakan yang membutuhkan kontraksi otot. Kegiatan sehari-hari seperti naik tangga, berkebun, dan membereskan rumah adalah contoh dari aktivitas fisik. Sementara itu, olahraga adalah bentuk khusus dari aktivitas fisik yang terencana dan sengaja dilakukan untuk menyehatkan badan. Contoh kegiatan olahraga adalah senam, renang, bersepeda, dan sebagainya.

Pengertian Olahraga Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh, seperti contohnya sepak bola, berenang, dan lempar lembing. Olahraga juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik dan keterampilan dari individu atau tim, dilakukan untuk hiburan.

Manfaat Olahraga Ada banyak jenis aktivitas fisik dalam olahraga, termasuk berenang, berlari, berjalan, menari, dan lainnya. Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Dilansir KOMPAS.com dari Healthline, berikut adalah manfaat olahraga secara teratur. Meningkatkan suasana hati dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, serta stres. Membantu menurunkan berat badan. Membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang. Meningkatkan energi, baik untuk orang yang sehat atau mereka yang menderita berbagai kondisi medis. Mengurangi risiko penyakit kronis. Menjaga kesehatan kulit. Menjaga kesehatan dan memori otak. Membantu meningkatkan kualitas tidur. Membantu menghilangkan rasa sakit kronis.
 
kompas.com/sports/read/2021/07/22/23000018/olahraga
-pengertian-manfaat-jenis-dan-tujuannya?page=all.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *