Minta Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Takalar Untuk Di Evaluasi Kinerja Kepsek SDI 114 Cikoang Lakatong 

Berita388 Dilihat

Laskarmedia.Com.Takalar-Sikap peduli terhadap lingkungan sekolah adalah salah satu nilai karakter yang diharapkan terbentuk pada diri Kepala Sekolah, guru dan siswa dalam proses pendidikan. Sikap peduli lingkungan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kamis,(25/5/2023)

Terjaganya lingkungan menjadikan kualitas hidup yang sehat dan lebih baik. Segala sumber daya yang sudah tersedia di lingkungan dapat dipergunakan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Contohnya Lingkungan sekolah yang indah tentu saja akan memberikan pengaruh yang positif bagi pendidikan siswa, begitu juga sebaliknya.

Tetapi dalam kenyataannya, Kepala Sekolah Dasar Inpres (SDI) Nomor 114 Cikoang Lakatong di Kecamatan Mangarabombang, yang di duga tidak memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sekolah, namun membiarkan rumput liar tumbuh begitu saja di depan sekolahnya yang merusak pemandangan lingkungan yang indah dan nyaman.

Berbudaya dan berkarakter di sini termasuk di dalamnya adalah memiliki budaya hidup bersih sehingga terbentuk karakter yang kuat, untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Diharapkan menjadi sarana yang sehat dalam proses belajar mengajar siswa di sekolah, terutama semua Kepala Sekolah di Kabupaten Takalar, untuk mengenal dan lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan hingga pada akhirnya tidak hanya menjadi suatu kebiasaan, melainkan menjadi suatu kebutuhan. Keindahan sekolah sudah seharusnya membudayakan sikap malu. Malu jika pekarangan sekolah tidak bersih.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 008C/U/1975 menetapkan bahwa Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) mulai diterapkan di Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Dasar Inpres (SDI). Dalam Surat Keputusan tersebut dinyatakan bahwa PKLH diajarkan tidak dalam bentuk mata pelajaran tersendiri, tetapi dalam bentuk kesatuan dengan mata pelajaran dan bidang studi tertentu melalui pendekatan terpadu.

Kami minta kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Takalar, untuk mengevaluasi kinerja atau diganti saja Kepala SDI Nomor 114 Lakatong Cikoang yang tidak peduli terhadap lingkungan sekolahnya jangan cuma jabatan Kepala sekolah saja yang dikejar.

Dikonfirmasi oleh awak media ini minta tanggapannya melalui pesan Watsappnya, Kadis Pendidikan, Korwil Mangarabombang dan Kepsek SDI 114 Cikoang Lakatong tidak ada jawaban sampai berita ini diterbitkan. (LM 095)