MENATA DIRI DI BULAN RAMADHAN UNTUK KEHIDUPAN DILUAR RAMADHAN

Berita118 Dilihat

MENATA DIRI DI BULAN RAMADHAN
UNTUK KEHIDUPAN DILUAR RAMADHAN

OLEH

Dr. H. JUFLIWAN, SH., MM

Bulan Ramadhan, Bulan Penuh Rahmat, Maghfirah, dan Bulan Itqumminannar, untuk itu marilah kita memanfaatkan bulan ini dengan menata diri kita untuk lebih sempurna menuju kehidupan yang lebih baik sisi Allah SWT. Kita manusia adalah makhluk sosial yang selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan berbagai kalangan dan elemen dalam masyarakat.

Oleh karena itu diperlukan berbagai kecakapan dan kemahiran dalam berkomunikasi. Adapun ciri-ciri komunikasi yang baik antara lain, karena kita kalangan ASN yaitu :

1. Memberikan pelayanan yang baik dengan Bahasa yang sopan, santun, senyum, sapa dan simpatik.

2. Mempermudah pelayanan kepada semua stockholder.

3. Menjaga dan
menghormati serta memberikan penjelasan yang baik dan dapat mengendalikan diri dan tidak berbelit-belit.

4. Taat kepada Allah dan Rasul serta Pemimpin.

5. Menjaga keharmonisan dan ketentraman tempat kita berkerja, saling mendukung, bukan saling menohok dan bukan juga saling menjatuhkan pihak lain dengan fitnah, asut, serta pembunuhan karakter orang lain.

Ketahuilah bahwa orang yang paling baik disisi Allah adalah orang yang bertaqwa. Sebagaimana firman Allah dalam akhir ayat 13 surah Al hujurat yaitu (Qs.49) :
يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقۡنَٰكُم مِّن ذَكَرٖ وَأُنثَىٰ وَجَعَلۡنَٰكُمۡ شُعُوبٗا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓاْۚ
إِنَّ أَكۡرَمَكُمۡ عِندَ ٱللَّهِ أَتۡقَىٰكُمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٞ
Artinya : Wahai manusia ! Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa, sungguh Allah maha mengetahui dan mahateliti. (akhir ayat 13 surah al hujurat, Qs.49).

Tentu ayat ini memberikan suatu gambaran dan motivasi kepada kita untuk terus berubudiyah kepada Allah SWT, tanpa aling-aling.

Diayat lain Allah menyampaikan bahwa Hablumminallah, adalah tegak lurus kepada Allah dan hablumminnas adalah horizontal, serta kita juga harus menjaga hubungan dengan pemimpin adalah vertical, horizontal diagonal, dengan penerapan komunikasi interpersonal dalam kehidupan berorganisasi

Untuk mencapai tujuan, sasaran dan target yang telah ditetapkan. Perkuat personal Branding kita semuanya, jangan tunggu orang lain yang memperkuat kita sdm kita, kitalah membentingi diri dengan berbagai skill, apalagi didunia era porpoit Five Zero (5,0)

Disampaikan Oleh Dr. H. Jufliwan, SH., MM Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen pada Kuliah tujuah menit di Musalla Kantor Bupati Bireuen, Rabu Tanggal 29 Maret 2023. Semoga bermanfaat. *********

Penulis! Kepsla Dinas Pendidikan Sayah Kaupaten Bireuen