Ketua Pedagang Indonesia, Awal Desember Gelar Bazar dan Launching Gerakan UMKM di Buperta

Laskarmedia.com Jakarta – Ratusan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan dipamerkan dan dipromosikan dalam event bazar Gasmaps Expo 2 yang digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur Jakarta Timur.

Gasmaps Expo 2 ini akan digelar mulai tanggal 03 sampai 11 Desember 2023 mendatang, yang dilaksanakan oleh Rumah Ekonomi Rakyat (Rekor) yang bekerjasama dengan Bank Mandiri, dengan rangkaian kegiatan edukasi perbankan dan launching Gerakan UMKM dan peluncuran website gerakanumkm.id untuk para pelaku UMKM dan seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Umum Komite Pedagang Pasar (KPP) dan Pendiri Gerakan Aspirasi Masyarakat Pedagang (GASMAP) sekaligus Ketua Pedagang se Indonesia, Abdul Rosyid Arsyad mengatakan ratusan produk UMKM yang akan ikut serta memasarkan produknya dalam event bazar UMKM Gasmaps Expo 2, yang berasal dari para pelaku UMKM se Jabodetabek dan Bandung.

Kegiatan Bazar UMKM Gasmaps Expo 2 sekaligus akan dimeriahkan acara launching Gerakan UMKM, katanya sebagai bentuk dan cara membangkitkan solidaritas kebersamaan antara para pelaku UMKM dengan seluruh lapisan masyarakat, untuk langkah awal memajukan ekonomi kerakyatan dan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM se Indonesia.

Menurutnya Gasmaps Expo 2 dan Launching Gerakan UMKM akan digelar, bertepatan dengan kegiatan Jambore Daerah (Jamda) dan Raimuna Daerah (Raida) DKI Jakarta yang akan dilaksanakan pada tanggal 06 sampai 10 Desember 2023, dengan peserta 5.500 siswa siswi pramuka se DKI Jakarta.

Bagi para pelaku UMKM yang ingin bergabung mendaftar menjadi peserta bazar UMKM Gasmaps Expo 2 dan ikut serta dalam Gerakan UMKM, dengan biaya pendaftaran 2,5 juta persatu tenda stand bazar dan 150 ribu untuk terdaftar menjadi member anggota Gerakan UMKM, dengan batas waktu pendaftaran tgl 03 Desember 2023 untuk pendaftaran ke panitia pelaksana, dapat menghubungi hardi di nomor WA/HP 085780527949 dan 085714317940 dani, pada kegiatan tersebut sekaligus dijadikan ajang mempromosikan Buperta Jambore Cibubur Jakarta Timur, selain sebagai lokasi wisata alam dapat dijadikan tempat pembelajaran nilai-nilai kebangsaan.

“Melalui Gasmaps Expo 2 ini, kami bersama-sama mempromosikan lokasi wisata alam Buperta Jambore Cibubur Jakarta Timur, sebagai tempat wisata alam dan tempat memasarkan produk UMKM. Kami akan laksanakan juga Gerakan UMKM dan peluncuran website gerakanumkm.id” ujar Rosyid Arsyad, kepada wartawan, Kamis (30/11/2023).

Rosyid Arsyad berharap kegiatan ini tak hanya berhenti di sini saja, melainkan juga bisa ditindaklanjuti dengan data dan infografis potensi para pelaku UMKM. Sehingga, katanya bisa menjadi rujukan masyarakat dan terus berlanjut.
Rencananya kata dia, kegiatan akan dilaksanakan setiap bulan.

“Jika sudah ada datanya bisa dikembangkan lagi agar UMKM yang bergabung di Gasmaps Expo lebih baik dan transaksinya bisa di aplikasi livin merchant bank mandiri dengan menggunakan qris bank mandiri dan bisa juga pemasaran produk UMKM melalui gerakanumkm.id dengan ikut serta menjadi member anggota Gerakan UMKM, dengan biaya 150 ribu mendapatkan rekening baru dari bank mandiri dan kartu Gerakan UMKM multifungsi ATM dan e money bank mandiri” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua pelaksana Gasmaps Expo 2, Hardi.
Dia menyebut, Gasmaps Expo 2 sebagai tahap awal para pelaku UMKM se Indonesia bersama seluruh lapisan masyarakat, tergabung bareng dalam satu sistem online yang bernama gerakanumkm.id dan menjadi member anggota Gerakan UMKM.

Rencananya kata dia, kegiatan akan dilaksanakan setiap bulan.

“Jika sudah ada datanya bisa dikembangkan lagi agar UMKM se Indonesia, yang bergabung di Gasmaps Expo lebih baik dan meningkat penjualannya melalui program Gerakan UMKM,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua pelaksana Gasmaps Expo 2, Hardi.

Dia menyebut, Gasmaps Expo 2 sebagai tahap awal dan akan dilanjutkan kegiatan Gasmaps Expo 3 pada Januari 2024.
Di mana nantinya akan dijadikan sebagai ajang menyalurkan bakat minat dan hobi dari usia anak-anak sampai dewasa. Juga digelar perlombaan anak seperti lomba mewarnai, menggambar, tarian, fashion show pakaian khas daerah dan lomba menyanyi.

Di samping itu disajikan hiburan musik dangdut dan penampilan group band.

“Kegiatan Gasmaps Expo 2 akan dijadikan sebagai ajang peningkatan penjualan UMKM yang tergabung dalam Gerakan UMKM dan untuk masyarakat luas sebagai bentuk menyalurkan minat bakat dan hobi, dari usia anak-anak sampai orang dewasa dalam bentuk perlombaan, sekaligus event Gasmaps Expo 2 untuk mempromosikan lokasi wisata alam Buperta Jambore Cibubur Jakarta Timur,” kata Hardi.

Hardi menuturkan rangkaian kegiatan ini sebagai wujud pengabdian kepada para pelaku UMKM dan masyarakat. Sesuai tema yang diusung, yakni Gasmaps Expo 2 Hadir Berdaya Bersama UMKM dan Masyarakat Meningkatkan Perekonomian Rakyat Yang Cinta Tanah Air.
“Kami juga ingin membangkitkan jiwa entrepreneur, usaha mandiri yang nasionalis cinta tanah air Indonesia kepada para pelaku UMKM dan masyarakat. Bahwa terdapat potensi yang luar biasa dan harus dikembangkan, dipublikasikan dan dipamerkan,” katanya.

Sehingga, menurut hardi masyarakat luas bisa melirik produk yang telah dipamerkan para pelaku UMKM yang bergabung di Gasmaps Expo melalui gerakan UMKM dan akan dilaksanakan rutin setiap bulan di Buperta Jambore Cibubur Jakarta Timur. (LM- 025)