Karang Taruna Nias Selatan Sumbang Rakit Penyeberangan Sungai Kepada Desa Hiliaurifa Nias Selatan

Berita, Daerah, Ekonomi, Sosial574 Dilihat

Laskarmedia.com, Nias Selatan — Anggota Majelis Pertimbangan Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara Drs. Arisman Zagoto menyerahkan secara resmi Rakit Rakyat Bantuan Aksi Sosial Karang Taruna Kabupaten Nias Selatan kepada Pemerintah Desa Hiliaurifa Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara pada Hari Minggu 24/04/2022.

Drs, Arisman Zagoto yang didampingi oleh perwakilan Laskar Media Grup diwakili Nasarododo Laia putra Desa Hiliaurifa, Hartatis Zagoto Perwakilan Penggiat Media Sosial Tuwu Nias Selatan, Murniti Dakhi, SKM, MM mewakili para Donatur, Wisnu Duha Mewakili Para Kepala Desa.

Rakit Rakyat yang diserahkan oleh Karang Taruna Nias Selatan merupakan hasil kerjasama dengan Media Online Laskarmedia.com Grup dan Tuwu Nias Selatan (Grup Media Sosial WA). Karang Taruna dan laskar Media Grup melakukan penggalangan dana kepada para Dermawan.
Dana yang terkumpul kemudian dirancang sebuah transportasi air berupa Rakit yang kemudian diberi Nama RAKIT RAKYAT. Ketua Karang Taruna Kabupaten Nias Selatan Ebenezer Hia mengatakan nama Rakit tersebut dinamakan  RAKIT RAKYAT karena perjuangan ini berasal dari Rakyat dan digunakan untuk rakyat.

Dalam sambutannya Drs. Arisman Zagoto mengatakan Rakit Rakyat ini hanyalah pemicu perhatian dari Pemerintah daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat agar memperhatikan nasib rakyat kecil sepeti Hiliaurifa ini, mereka juga bagian dari NKRI yang juga berhak mendapatkan kesejahteraan dan menikmati pembangunan.
Desa Hiliaurifa merupaka Desa hasil pemekaran dari Desa Induk Desa Hilisimaetano, secara geografis berada diujung perbatasan Kecamatan Maniomolo dengan Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan, untuk menjangkau desa Hiliaurifa harus ditempuh dengan jalan yang tidak layak dilalui oleh kendaraan roda empat dan harus menyeberangi sungai Eho dengan lebar kurang lebih 80 meter dan kedalaman hingga 5 s.d 10 m.

Keseraharian warga Desa Hiliaurifa adalah bertani sawah, kebun karet dan kebun kelapa. Desa Hiliaurifa sangat tertinggal diantara desa-desa lain di Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan. Infrastrukur Jalan dan Jembatan penyeberangan, jaringan penerangan dari Listrik Negara tidak ada. Selama ini untuk menyeberangi sungai Eho hanya mengandalkan Rakit yang terbuat dari Bambu.

Desa Hiliaurifa tidak memiliki jaringan Penerangan Listrik Negara (PLN), mereka hanya mengandalkan Genset bagi keluarga mampu semetara sebagian besar menggunakan lampu templok berbahan bakar minyak tanah.

Kepala Desa Hiliaurifa Bapak Berusaha Halawa menyambut baik kedatangan para Dermawan yang dipelopori oleh Karang Taruna Nias Selatan dan Laskar Media Gurp, masyarakat Desa Hiliaruifa sangat berterima kasih atas sumbangan Rakit Rakyat, bagi kami Rakit Rakyat merupakan berkah dari Yang Maha Kuasa melalui para Dermawan.
Warga Desa Hiliaurifa berterima kasih kepada seluruh pihak-pihat yang terlah dengan tulus ikhlas menyumbangkan sebahagian rizkinya untuk menyumbang Rakit Rakyat kepada Warga Desa Hiliaurifa. Rakit kami yang selama ini hanya terbuat dari Bambu sudah banyak memakan korban jiwa tenggelam. Rakit Rakyat sangatlah membantu kelancaran transportasi air bagi kami menjalankan kehidupan sehari-hari.

Kami warga Desa Hiliaurifa berharap kepada Bapak Presiden Rebublik Indonesia Bapak Joko Widodo agar memperhatikan kami warga yang tertinggal di Kabupaten Nias Selatan, Kami butuh perhatian, Kami ingin menikmati pembangunan yang bapak pimpin tutur Berusaha Halawa Kepala Desa Hiliaurifa mewakili suara warganya kepada wartawan  Laskar Media. (LM-208)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *