Kapolda Sulteng Dampingi Pangdam XIII/Merdeka Pumoin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunker Presiden RI

Laskarmedia.com Palu – Kapolda Sulteng Irjen Polisi Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH mendampingi Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Candra Wijaya memimpin Apel gelar pasukan dalam rangka pengaman VVIP Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia di Wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), bertempat di Lapangan Yonif 711 Raksatama, Jalan Emi Saelan,Kota Palu, Senin (25/3).

Dalam arahannya Pangdam XIII/Merdeka Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Candra Wijaya menekankan kepada seluruh peserta apel untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Panglima Kodam XIII/Merdeka itu juga meminta kepada petugas pengamanan untuk megang teguh disiplin dan prosedur tetap pelaksanaan pengamanan VVIP agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan,

“Hindari tindakan bersifat arogan, namun tetap tegas secara terukur.Jaga sikap dan prilaku selama bertugas, khususnya saat berhadapan dengan warga, tentunya sangat ingin mendekati dan menyalami Presiden,”tuturnya.

Lanjut Panglima juga meminta agar melakukan komunikasi dan koordinasi antar satuan dan lintas sektoral secara ketat,sehingga apapun terjadi dapat diselesaikan cepat dan tuntas.

“Waspadai dan antisipasi,setiap kemungkinan ancaman, hambatan dan gangguan dengan saling memberikan informasi,”pungkasnya.

Dalam kesempatan apel tersebut Pangdam XIII/Merdeka Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Candra Wijaya didampingi Kapolda Sulteng Irjen Agus Nugroho dan Danrem 132 Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Dody Triwinarto melakukan pengecekan Personel maupun Kenderaan dinas yang akan dipergunakan dalam pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI.

Sekurangnya 4.925 aparat keamanan gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya, disiagakan saat kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo ke Provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 26-27 Maret 2024 esok hari.

Presiden Jokowi diagendakan tiba di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Banggai pada 26 Maret 2024 meresmikan proyek ruas jalan IJD (Inpres Jalan Daerah) serta meninjau Pasar Salakan sekaligus menyerahkan bantuan kepada para pedagang.

Lalu bertolak menuju Kota Palu, diagendakan meresmikan 5 bandara, yakni : Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Bandara Prins Mandapar Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno – Siau, Bandara Bolaang Mongondow, Bandara Panua Pohuwato-Gorontalo.

Selanjutnya Presiden RI bersama rombongan menuju RSUD Anutapura Palu guna meninjau dan meresmikan beberapa proyek revitalisasi, yaitu : RSUD Anutapura Palu, UIN Datokarama Palu serta Hunian Tetap di Kota Palu dan Kabupaten Sigi dan UIN Datokarama. (LM- 025)