Jum’at Curhat : Polda Kepri Kedepankan (Nusantara Cooling System) Upaya Pemecah Masalah Sosial Dalam Rangka Kamtibmas

Laskarmedia.com Batam – Dalam rangka menghadapi pesta pemilu yang akan mendatang, Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., buka kegiatan Jumat Curhat terkait Operasi Nusantara Cooling System Polda Kepri yang diselenggarakan di Hotel Golden View, Batam. Jumat (8/12/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si., Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H., S.I.K., M.H., Pejabat Utama Polda Kepri, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri KH Bambang Maryono, Komisioner KPU Provinsi Kepri Jernih Millyati Siregar, S.Ag., M.Pd., Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Para Pimpinan Redaksi Media se-kota Batam.

Dalam sambutannya Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa adanya kegiatan ini dalam rangka menjelaskan tujuan dari Operasi Nusantara Cooling System untuk meminimalisir isu-isu sara, provokatif, dan juga hoax yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa jelang pemilu 2024. Pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang semakin dekat membuat masyarakat menuntut adanya netralitas yang harus dijaga oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) serta jajaran tentara nasional indonesia (tni) dan kepolisian republik indoensia (polri). maka dari itu polda kepri menegaskan komitmennya untuk tetap netral dalam kontestasi pemilu 2024.

“Kemudian menjelang pemilu 2024, peran media tentunya sangat penting dalam menjaga kondusifitas dan keseimbangan informasi di media, termasuk meredam hoaks dengan pemberitaan yang akurat dan terkonfirmasi kebenarannya. Kemudian, kami berharap kawan-kawan wartawan agar saling berkoordinasi terkait isu-isu terkini, agar apa pun informasi yang disampaikan ke masyarakat sesuai fakta dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kita telah memasuki tahapan kampanye tentunya kami berharap bahwa tahapan kampanye dapat berjalan aman, sejuk dan damai,” Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H.

Dilain kesempatan Kabidhumas Polda Kepri, Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menyampaikan dalam menghadapi pemilu yang akan berlangsung 67 hari lagi secara serentak, Polda Kepri membentuk Operasi Mantap Brata menjelang Pemilu 2024 di Kepulauan Riau dengan dibentuk sebanyak 7 Satgas, salah satunya adalah Satgas Humas yang berkewajiban untuk memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat kepada seluruh lapisan masyarakat dalam menghadapi pesta pemilu 2024.

“Dalam hal ini, Polda Kepri melibatkan lebih dari 8.136 personel dari wilayah Polda Kepri dan Polres wilayah Jajaran yang disebar untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses Pemilu. Dalam suasana yang krusial, terutama menjelang tahapan kampanye, pentingnya netralitas, transparansi informasi, dan pengawasan terhadap penyebaran hoaks di media sosial menjadi fokus utama Polda Kepri. Dengan pemetaan risiko, upaya preventif, dan Represif guna menghindari, memprediksi mengantisipasi, serta meredam potensi gangguan sehingga tidak menjadi ambang gangguan maupun gangguan nyata. Polda Kepri akan terus berkomitmen memastikan keamanan serta menegakkan aturan demi pemilu yang bermartabat, berlangsung aman dan damai,” Ucap Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersikap cerdas dengan selalu melakukan konfirmasi serta cek dan ricek sebelum mempercayai apalagi membagikan sebuah berita atau informasi yang belum jelas kebenarannya dengan mengedepankan ‘Saring Sebelum Sharing’, tidak mudah terpengaruh oleh berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, dan tidak melakukan tindakan yang dapat berpotensi terjadinya pelanggaran yang berakibat terhadap hal yang merugikan diri sendiri dan orang lain serta mari bersama-sama kita menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Provinsi Kepri,” Tutup Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si. (LM- 025)