oleh

IKBK Gelar Ritual Robo-Robo diatas Kapal Di Muara Laut Kecamatan Sungai Kakap

-Daerah, Ekonomi-74 Dilihat

Laskarmedia.com, Kubu Raya,Kalbar — Ritual Robo-robo Dikecamatan Sungai kakap Berlangsung sederhana yang di adakan Ikatan keluarga Bugis Kalimantan Barat (IKBK)di adakan di atas kapal wisata di muara laut Kecamatan Sungai Kakap.

Dengan Mengusung tema melaksanakan ritua Robo robo sebagai pelestarian budaya adat Bugis Kalimantan Barat mempererat silahturahmi untuk menjaga persatuan dan Negara republik Indonesia.(6/10/2021).

Hadir dalam kegiatan Robo-robo di sungai kakap diantaranya Ketua Umum Ikatan Keluarga Bugis Kalimantan Barat (IKBK) Kalbar,Budihariansyah Ketua IKBK DPD KKR Ibrahim Tokoh Bugis Puang Syaparudin Ketua Umum Perkumpulan seni dan Budaya Pukul Tujuh Silat Kampung Rusmika Djayusman dan Ketua Harian Pelaksana Ismail Djayusman ketua panitia Ita Purnama Sari DPW IKBK.DPD Se Kubu Raya,PPS.serta Pengurus dan keluarga besar Perkumpulan seni dan Budaya Pukul Tujuh Silat Kampung Tokoh Masyarakat Bugis dan Laskar IKBK Kab Kubu Raya beserta anggota Ikatan Keluarga Bugis Kalimantan Barat (IKBK).

Kegiatan ritual robo-robo yang berlangsung Rabu(6/10/2021) berlangsung sederhana mengingingat situasi masih pandemi covid-19 maka ritual robo-robo hanya di hadiri IKBK beserta para anggotanya dan dalam kegiatanya hanya melakukan ritual Ma’ Penu’Penu(Buang Buang) dan baca doa selamat

Serta penampilan Seni dan Budaya Silat yang di tampilkan oleh Keluarga Besar Perkumpulan seni dan Budaya Pukul Tujuh Silat Kampung dan keluarga Besar IKBK.

Budihariansyah(ketua Umum IKBK Kalbar) kepada sejumlah wartawan menyampaikan”Kegiatan ritual robo-robo yang dilakukan oleh masyarakat kecamatan sungai kakap dilaksanakan setiap tahun, namun sekarang situasi sedang ada Pademi Covid 19 maka kegiatan diminimalisir dan difokuskan pada acara Buang-buang saja,namun acar ini tetap harus kita jalankan karena merupakan tradisi serta adat turun-temurun.” Katanya.

Masih Kata Budihariansyah Kita melaksanakan acara ritual Robo Robo ini yang pertama kalinya IKBK melaksanakan dalam kesederhanaan di Karnakan Masi dalam suasan Pademi Cobid-19 inikan acara ritual tahunan jadi kita harapkan kalau memang tahun depan pademi Covid-19 dinyatakan Sudah zona hijaju dan lain sebagainya

kita harapkan ritual ritual ini mengumpulkan masyarakat lebih ramai.” Harapnya.

“Dikatakan karena ritual Robo Robo ini kan dalam rangka untuk kita membaca Doa tolak bala yang artinya kita itukan berdoa kepada Allah demi keselamatan kesehatan masyarakat seluruhnya.

Kemudian di jelaskannya ini juga dalam rangka kita mengingat sejarah kedatangan Opu Daeng Manambon di kerajaan Mempawah kita memperingati dalam rangka memperingatinya kemudian kita membaca Doa Tolak bala.

Diadakan ritual Robo Robo kita baca Doa bersama di kecamatan Sungai Kakap karna bertepatan pada hari Rabu (6/10/2021) kita sudah minta Izin Kepada Polsek dan Danramil untuk kegiatan pada hari ini.” Ujarnya.

Pada waktu yang sama ketua panitia Ita Purnama Sari kepada sejumlah wartawan ia mengatakan.Dalam kegiatan ritual robo-robo di kecamatan sungai kakap berlangsung dengan lancar dan sederhana sehingga tidak mengurangi ritual yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya Kami segenap Keluarga Besar IKBK Kalimantan Barat berterima kasih kepada selaku Tuan Camat Sungai Kakap Polsek Sungai Kakap Danramil Sungai Kakap dan seluruh masyarakat Kecamatan Sungai Kakap.” tutupnya. (LM-034).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.