Gawat….! Kangkangin Peraturan Mutasi Puluhan ASN, Rekomendasi KASN Di layangkan Ke Bupati Nias Utara

Berita, Daerah373 Dilihat

Laskarmedia.com
Selasa 06-07-2022. Nias Utara -Sumut,Pasca turunnya surat rekomendasi komisi aparatur sipil Negara (KASN) beberapa waktu yang lalu, ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDI Perjuangan) Kabupaten Nias Utara, Itamari Lase SH, MH telah menyurati Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, terkait mutasi puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN)

Itamari Lase memaparkan kepada awak media ini ,Senin tanggal 04-07-2022 saya telah menyurati Bupati Nias Utara dan saya tembuskan kepada Ketua KASN di Jakarta, Menteri Dalam Negeri di Jakarta, Menpan RB di Jakarta, Kepala BKN di Jakarta, Gubernur Sumatera Utara dan Kepala Kantor Regional VI BKN Medan,” kata Itamari Lase SH,MH kepada awak media ini melalui Hasil wawancara di kediamannya
06-07-2022.

Itamari Lase memberitahukan jika surat tersebut sebenarnya per tanggal 01 Juli 2022 dikeluarkan, akan tetapi surat itu baru disampaikan pada hari Senin (4/7/2022) disebabkan pada hari Jumat tidak sempat.

“Surat itu sudah kita sampaikan hari ini, sudah diterima. Saya kasi waktu beliau (Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu)10 hari kerja terhitung sejak ia terima surat kami, berarti hari ini,” tegas Itamari.
ia mengingatkan agar Bupati Nias Utara segera mengindahkan surat rekomendasi tersebut, dan apabila tidak ditanggapi, maka pihaknya akan mengambil langkah lebih lanjut dengan menyurati KASN dan Kemendagri.

“Kalau tidak diindahkan, saya akan surati KASN dan Mendagri agar KASN meminta Presiden untuk menjatuhkan sanksi kepada PPK,” sebutnya.

Menurutnya, hal ini tertuang dalam pasal 33 ayat 1 Undang-undang Nomor 5 tahun 2014.

“Jika PPK tidak melaksanakan rekomendasi KASN maka KASN dapat meminta kepada Presiden untuk menjatuhkan sanksi kepada PPK tersebut, yang memang lebih lanjut diatur bahwa menteri nanti yang akan menjatuhkan sanksi kepada Bupati atau Walikota, karena rekomendasi KASN ini wajib dilaksanakan,” terangnya

Sebagai informasi, BBHAR DPC PDIP Kabupaten Nias Utara, telah menyurati Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu sesuai dengan surat nomor : 06/TL/BBHAR-N.U/VII/2022, Perihal : Mohon tindak lanjut rekomendasi hasil klarifikasi atas pelanggaran sistem merit di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara, tertanggal 01 Juli 2022.

Diketahui, bahwa Tolanaso Gea, dkk selaku para pelapor sebanyak 30 orang, dalam hal ini telah memberi kuasa kepada BBHAR DPC PDIP Kabupaten Nias Utara, sebagaimana dalam surat kuasa tanggal 7 Januari 2022.

Berdasarkan hal tersebut, BBHAR DPC PDIP Kabupaten Nias Utara, selaku kuasa hukum para pelapor meminta kepada Bapak Bupati Nias Utara selaku PPK berkenan dan segera melakukan Rekomendasi KASN Nomor: B-2141/JP.01/06/2022, perihal hasil Klarifikasi atas pelanggaran sistem merit di lingkungan Pemeritah Kabupaten Nias Utara, tanggal 16 Juni 2022

Berdasarkan Hasil Konfirmasi awak media
Ini Kepada Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu Terkait Tidak Menindak Lanjutin Surat Rekomendasi KASN Sampai Saat Ini Bupati Menjawab Dengan Singkat, ” Saya Selaku Bupati Telah Koordinasi Terkait Laporan Puluhan ASN Di Ruang Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Utara Di KASN Dan Mohon Di Tunggu Prosesnya, Mungkin Seusai Kesibukan ini terkait Kedatangan Presiden Maka itu akan kita proses,” tutupnya singkat

LM-120.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *