Bupati Labuhanbatu Gelar Musrembang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026

Laskarmedia.com, Labuhanbatu – Bupati Labuhanbatu dr. Erik Adtrada Ritonga, MKM menyampaikan pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan membahas tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2021-2026, Yang diadakan di Ballroom Suzuya Plaza Hotel Jalan Ahmad Yani Rantauprapat, Rabu (01/12/2021).

Dalam rangka mengoptimalkan pencapaian target-target rencana perencanaan yang akan maupun yang telah ditetapkan, diharapkan kerjasama dan sinergi dari seluruh stakeholders terkait untuk saling bergotong royong melakukan Bolo Labuhanbatu.

Bupati Erik Atrada Ritonga mengatakan perencanaan RPJMD Kabupaten Labuhanbatu tahun 2021-2026 dilakukan untuk mencapai tujuan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu selama kurun waktu lima tahun.“RPJMD disusun untuk menjadi pedoman bagi perangkat daerah, terkait implementasi program jangka menengah melalui penyusunan rencana strategis perangkat daerah dan perencaaan pembangunan tahunan,”jelasnya

Lalu, Rancangan RPJMD Kabupaten Labuhanbatu disusun dengan mengarah kepada visi “Terwujudnya Masyarakat Labuhanbatu yang Berkarakter, Maju dan Sejahtera Tahun 2024”, yang dijabarkan dalam lima misi, Pertama, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang merakyat, bersih dan profesional.

Kedua, meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan untuk membangun karakter sdm yang produktif dan inovatif. Ketiga, meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis potensi daerah melalui peningkatan produktivitas koperasi dan UMKM serta industri kreatif. Keempat, meningkatkan kualitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan guna percepatan pengembangan wilayah kawasan, dan kelima meningkatkan rasa aman, nyaman dan penuh kekeluargaan ditengah kehidupan masyarakat yang majemuk.

Lanjut Erik Atrada “Bolo Labuhanbatu dengan cara-cara yang inovatif dan berbasis tematik, holistik, integratif, dan spasial (t.h.i.s) baik antar perangkat daerah yang terintegrasi dengan pemerintah pusat dan propinsi, pihak swasta melalui dana csr, akademisi, masyarakat serta media saling berkolaborasi mewujudkan Labuhanbatu yang berkarakter, maju dan sejahtera,”Ujarnya

Kemudian, wakil Ketua DPRD Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan mengatakan RPJMD adalah wahana untuk menyusun rencana jangka panjang daerah. “Kami berharap, aspirasi masyarakat juga akan dituangkann dalam RPJMD 5 tahun mendatang, mengutamakan perekonomian masyarakat yang sempat turun akibat efek pandemi covid-19 karena Musrenbang jadi momentum langkah bersama dalam membangun Labuhanbatu,”Ujar abdul karim
Acara dilanjutkan dengan pemaparan pemaparan dari para narasumber melalui daring maupun langsung, Deputi Bidang Pemantauan Evaluasi dan Pengendalian Perencaaan Pembangunan Bappenas RI Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP, Dirjen Bina Administrasi Kemenagri Dr. Safrizal, Z, A,MSi, Staf Ahli Bidang pengembangan usaha Kementerian Pariwisata

Dan Ekonomi Kreatif Dadang Rizki Ratman, Akademisi USU Dr. Paidi Hidayat, SE., Kabid. PEPP Bappeda Sumatera Utara Diki Anugrah, SSTP, Kepala BPTP Dr. Khadijah El.Ramija, SPi,MP, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar Teuku Munandar, Kepala BPS Rahmat Gustiar, dan Kepala Bappeda Kabupaten Labuhanbatu Hobol Z. Rangkuti, S.Sos, MM.

dalam acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan, Perwakilan Labura, Forkopimda Labuhanbatu, Pewakilan Fraksi DPRD Labuhanbatu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Labuhanbatu, Ketua Partai Politik Kabupaten Labuhanbatu, Para Rektor Universitas di Kabupaten Labuhanbatu, Para pimpinan perusahaan di Kabupaten Labuhanbatu, para tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi, insan pers, dan undangan lainnya.(LM-168)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *