BPBD Pekanbaru Salurkan Bantuan Logistik Untuk Pengurus Masjid Paripurna

Berita, Daerah292 Dilihat

Laskarmedia.com, Pekanbaru — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru melaksanakan pembagian logistik kepada semua Masjid Paripurna yang ada di Kota Pekanbaru di Halaman Kantor BPBD Kota, Senin (28/03/22).

Kegiatan pembagian logistik kepada Masjid Paripurna se-Kota Pekanbaru dihadiri oleh Asisten 1 Pemko Kota, Camat dan seluruh pengurus Masjid Paripurna.

Logistik yang diberikan meliputi masker, disinfectan, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk memutuskan mata rantai covid 19 dikota Pekanbaru. Apalagi sebentar lagi umat muslim akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Syoffaizal menerangkan Pekanbaru saat ini ada dalam status di level 3 namun sebenarnya secara kasus sudah mulai menurun tapi indikatornya bukan hanya sekedar kasus dan ada beberapa indikator lainnya salah satu kematian itu penyebabnya atau juga belum ada penginputan data.

Faizal juga menerangkan Pemko sudah coba koordinasi dengan dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan menurut mereka, Dinkes sudah menginput data. Jadi Pemko tidak tahu salahnya dimana tapi pada kenyataan sesuai dengan inmendagri Pekanbaru masih dalam status level 3. Malam nanti akan keluar inmendagri baru, kita berharap Pekanbaru bisa turun ke level 1.

Faizal melanjutkan bila sudah keputusan Inmendagri maka kita akan membuat surat edaran dari walikota sesuai dengan keputusan Inmendagri. Untuk pelaksanaan Tarawih pada Bulan Ramadhan kita akan menunggu arahan dari pemeirntah pusat. Sampai hari ini kita masih dibenarkan untuk melaksanakan tarawih dan untuk mrngindari terjadinya pelonjakan pada Bulan Suci Ramadhan ini maka Pemko melalui BPBD Kota Pekanbaru memberikan bantuan logistik untuk Pengurus Masjid Paripurna di 83 Kelurahan dan 15 Kecamatan karena mereka akan menjalan aktifitas penuh di Masjid selama Bulan Ramadhan.

Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menyampaikan untuk kegiatan keluar rumah diharapkan kita semua tetap menjaga prokes ketat sekurang-kurangnya 3M harus tetap dijalankan agar terhindar dari covid.

Zarman Candra juga menerangkan BPBD tetap melakukan upaya-upaya mitigasi dari bencana  covid dapat menurunkan trend nya ditengah- tengah masyrakat. Salah satu upaya BPBD yakni menghimbau masyarakat untuk selalu melakukan prokes 3M dan memberikan logistik kepada masyarakat dengan harapan logistik ini dapat dimanfaatkan dalam melakukan aktivitas.

Zarman candra menyampaikan beberapa hari lagi kita akan dihadapkan dengan bulan Ramadhan untuk itu diharapkan kepada pengurus masjid dan masyarakat dapat melakukan pembersihan di masjid sehingga dalam pelaksanaan tarawih masjid sudah steril.

Zarman candra juga menjelaskan untuk anggaran yang dialokasikan dalam bantuan logistik untuk pengurus masjid paripurna ini berasal dari bantuan dan juga dari APBD 2021. Walaupun bantuan ini sedikit namun Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru juga berharap masyarakat tetap menjaga prokes dan juga kepada dunia usaha untuk antensikan kepada masyarakat agar mata rantai covid bisa diputuskan.*
(Lm-103/Adi Kampai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *