Bobby Nasution Buka Suara Soal Kondisi Harimau Kurus di Medan Zoo

Berita, Ekonomi117 Dilihat

Laskarmedia.com, Medan--Wali Kota Medan Bobby Nasution menanggapi viralnya video harimau sumatra di Kebun Binatang Simalingkar Kota Medan atau Medan Zoo tengah makan rumput.
Kondisi harimau bernama Bintang Baringin berusia 10 tahun itu tampak kurus dengan perut cekung.

Menantu Presiden Jokowi itu curhat pengelolaan Medan Zoo masih minim. Kesulitan memenuhi pakan untuk satwa di sana juga sering terjadi terutama selama masa pandemi Covid-19.

“Hari ini, kita tahu bagaimana pengelolaannya masih minim, jadi kesulitan sering terjadi. Itu kemarin kami juga baru tetapkan direksinya. Sudah saya tekankan beberapa poin utama untuk bisa membangkitkan perusahaan daerah kita,” kata Bobby, Jumat (24/9/2021).

Menurut Bobby, selama ini banyak yang memberikan sumbangan untuk memenuhi pakan satwa di sana. Tak hanya itu, sang istri, Kahiyang Ayu, juga berjanji akan memberikan langsung sumbangan daging ataupun ayam untuk hewan di sana.

“Makanya banyak yang memberikan sumbangan, contohnya dari CSR seperti kemarin kami terima beberapa ton atau kilogram daging ayam untuk makanan harimau. Kemarin Ibu Wali Kota mau menyumbangkan atau memberikan langsung sumbangan daging ataupun ayam. Itu janji Ibu Wali Kota sama saya kemarin,” paparnya.

Selama ini, Medan Zoo dikelola Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan. Bobby meminta agar direksi terus memperbaiki manajemen Medan Zoo. Apalagi pakan untuk satwa di sana seharusnya dipenuhi PD Pembangunan.

“Harus memikirkan apa yang sudah dikelola sampai hari ini dengan lebih baik lagi. Kalau untuk manajemennya lebih diperbaiki lagi. Harusnya makanan dari PD Pembangunan. Karena pengelolaannya itu sudah dalam bentuk badan usaha, harusnya dikelola,” ungkapnya.

Baca Juga :Memprihatinkan, Harimau di Medan Zoo Kini Makan Rumput!

Diketahui video harimau sumatra di Kebun Binatang Simalingkar, Kota Medan, atau Medan Zoo tengah makan rumput viral di media sosial. Video yang diunggah akun @pembelasatwaliar itu menunjukkan harimau tersebut kurus dengan perut yang tampak cekung.

Terpisah, dokter hewan di Medan Zoo, Drh Yona Dumaica mengatakan, harimau berjenis kelamin jantan itu kondisinya sedang sakit. Satwa dilindungi tersebut diketahui sakit sejak Juni 2021.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, harimau itu mengalami infeksi pencernaan yang disebabkan oleh virus salmonella.

“Jadi, yang kelihatan itu harimau muntah-muntah. Namun, untuk saat ini intensitasnya sudah berkurang. Saat ini terus dalam perawatan untuk pemulihan kesehatan,” paparnya.

Terkait harimau itu makan rumput, Yona menjelaskan bahwa hal itu memang lazim. Hal itu biasanya dilakukan satwa jenis kucing-kucingan, dan salah satunya harimau untuk membantu pencernaan, karena ada istilah hair ball atau rambut gulung.

“Kondisi hair ball itu terjadi saat harimau menjilat tubuhnya, lalu bulunya tertelan. Bulu-bulu tersebut terkumpul di pencernaan. Nah, itu yang harus mereka (harimau) keluarkan, yaitu tadi makan rumput, lalu dimuntahkan,” bebernya. (LM-009)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *