Anggota Kodim 1625/Ngada Penganut Agama Hindu Rayakan Hari Raya Kuningan Di Pura Wolokole

Berita125 Dilihat

Laskarmedia.com,BAJAWA-Anggota Kodim 1625/Ngada yang beragama Hindu melaksanakan persembahyangan Hari Raya Kuningan di Pura Wolokole Bajawa. Hari Raya Kuningan merupakan salah satu hari raya besar umat Hindu di Indonesia yang dirayakan 10 hari setelah Hari Suci Galungan, tahun ini, Hari Raya Kuningan jatuh pada hari Sabtu (14/01/2023).

Dalam peringatan Hari Raya Kuningan, anggota Kodim beragama Hindu di kota Bajawa melaksanakan persembahyangan bersama di pura wolokole Watujaji kota Bajawa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada.

Saat ini Umat Hindu di seluruh Bajawa merayakan hari raya kuningan berlangsung setelah 10 hari setelah hari raya Galungan yang jatuh pada tanggal 4 januari 2023 lalu.

Makna hari raya Galungan diperingati sebagai menyambut turunnya dewa dan leluhur untuk menemui keluarga sedangkan kuningan di gelar memperingati kembalinya para Dewa dan leluhur kembali ke surga.

Serka Ketut Suarna salah satu anggota Kodim yang melaksanakan persembahyangan mengatakan, Galungan dan Kuningan dilaksanakan 2 kali dalam setahun Kalender Masehi (kalender yang kita pakai) jarak antara Galungan dan Kuningan ialah 10 hari yang diperhitungkan berdasarkan kalender Bali.

“Hari Raya Kuningan dirayakan anggota Kodim yang beragama Hindu akan melaksanakan persembahyangan dengan memohon keselamatan, perlindungan, kedamaian, dan tuntunan lahir batin”, ucapnya.(LM/132).